Paling Ujung Barat Indonesia Bukan Pulau Weh, tapi pulau Benggala

0
Source: Wikipedia

Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Breueh dengan koordinat 5° 47? 34? LU, 94° 58? 21? BT. Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini merupakan titik darat perbatasan sebelah barat dari Republik Indonesia.

Dengan luas sekitar 4 hektare, pulau kecil ini membentuk hutan mini di tengah laut. Flora dan faunanya unik, tipikal hutan hujan mini.

Titik tertinggi dari pulau ini adalah 14 meter di atas permukaan laut. Terumbu karang yang unik terbentuk di sekitar pulau ini. Walaupun pulau ini terlihat kecil dan tak ada penghuninya, pulau ini tetap terdaftar sebagai salah satu pulau terluar dari Indonesia.

Jika Anda berkeinginan mengunjungi Pulau Benggala, maka dapat ditempuh dengan menyewa boat berukuran 5 GT di Kota Banda Aceh. Perjalanan dari Kota Banda Aceh ke Pulau Benggala diperkirakan memakan waktu sekitar 7 jam atau 15 kilometer/jam.

Waktu tempuh akan lebih singkat jika perjalanan ditempuh dari Pulau Sabang, yaitu 3 jam perjalanan.

Pulau Benggala memiliki pesona yang sangat menarik. Pulau ini menjadi lokasi favorit bagi pemancing. Sebab, Pulau Benggala merupakan rumah bagi kakap, ikan hias, tuna, tenggiri, cakalang, kembung serta kerapu.

Jadi, apakah harus titik nol kilometer Indonesia dimulai dari pulau ini?

Populer Bulan Ini