Pesona Mesjid Haji Keuchik Leumiek

0
Source: Detik.com

Masjid Haji KeuchikLeumik yang terletak di Kompleks Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Haji Keuchik Leumik, Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, mengadopsi gaya arsitektur Masjid Nabawi yang berada di pusat kota Madinah, Arab Saudi. Masjid indah nan megah ini berada di pinggiran Krueng Aceh yang merupakan sedekah jariyah dari keluarga besar Haji Keuchik Leumik. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi tempat edukasi dan silaturahmi bagi masyarakat. 

Mesjid ini diresmikan Senin (28/1) lalu oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan beliau sekaligus memberikan apresiasi khusus kepada Harun Keuchik Leumiek dan keluarga yang telah  membangun masjid yang indah, tepat di sisi sungai Krueng Aceh. Harun Keuchik Leumiek adalah salah satu tokoh Aceh yang dikenal luas. Saudagar yang bergerak di bidang logam mulia ini, juga dikenal sebagai seorang wartawan senior dan sejarawan Aceh.

Masjid Haji Keuchik Leumiek ini memiliki luas komplek 3.500 meter dengan lima kubah dan mampu menampung sekitar seribu orang jamaah. Tak hanya itu, fasilitas pendukung seperti area parkir yang memadai, tempat wudhu yang bersih serta taman yang khas membuat banyak pengunjung tambah betah berada dalam komplek masjid ini.


Populer Bulan Ini