4 Langkah Memulai Usaha Tanpa Modal

0
Source: the plan

Salah satu bentuk usaha manusia dalam rangka pemenuhan kebutuhannya adalah membuka lapangan kerja, berwirausaha, atau bekerja dengan tujuan bahwa akan meningkatkan taraf perekonomiannya. Dalam hal ini seorang pengusaha atau yang kini tengah populer dengan istilah entrepreneur dianggap salah satu solusi  yang efektif dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Wirausaha dan kewirausahaan atau pengusaha (Entrepreneur) merupakan istilah yang masih baru di Indonesia. secara historis kewirausahaan ini mulai diperkenalkan pada abad ke-18 di Perancis oleh Richard Cantillon. Pada periode yang sama di Inggris juga sedang terjadi revolusi industri yang melibatkan sejumlah wirausaha.


Akan tetapi, dalam memulai sebuah usaha kerap kali para entrepreneur terkendala masalah modal. Modal merupakan momok yang sangat menakutkan dan menjadi ancaman bagi para pengusaha pemula untuk memulai karir berwirausaha mereka. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha tanpa modal.


4. Minta Modal dari Orangtua

Berbicara modal disini, tentu bermakna modal dari kantung sendiri. Jadi modal dari orangtua merupakan salah satu pilihan potensial bagi para pemula ingin memulai usahanya. Sebagai orangtua yang baik, siapa yang tidak setuju jika anaknya ingin mandiri dan sukses. Meminta modal dari orangtua merupakan langkah yang aman karena pengusaha yang bersangkutan tidak harus tertekan oleh bunga peminjaman, penagihan berkala, dan dikejar-kejar oleh para penagih hutang.


3. Ikut Kompetisi Bisnis

Kompetisi bisnis merupakan sumber dana yang sangat melimpah ruah dikeadaan Indonesia belakangan ini. Banyak para intansi tertentu yang menggelar lomba bisnis dengan hadiah peminjaman bahkan pemberian modal secara gratis. Informasi tentang kompetisi bisnis dapat ditemukan beberapa akun sosial media. Bahkan jika anda mencari di google maka akan ada ribuan kompetisi bisnis yang layak anda uji untuk memulai usaha anda jika menang.


2. Ajukan Proposal pada Pemerintah

Sudah bukan zamannya jika malu mengajukan proposal kepada pemerintah. Jika ide dan jalur yang anda lalui tepat, maka dana modal untuk berwirausaha bisa anda dapatkan. Tentu saja, agar proposal anda sampai kepada target pencairan maka kemaslah ia secantik dan semenarik mungkin. Apabila anda memiliki kenalan didalam sistem pemerintahan, ini tentu merupakan nilai lebih sehingga dana modal yang anda butuhkan bisa terealisasi.


1. Kerjasama dengan Investor

Bila anda mempunyai ide yang menarik, kreatif, dan inovatif, tentu ini akan mengundang minat banyak kaum pemilik modal (investor). Siapa sih yang tidak mau mempercayakan uangnya jika ide yang anda tampilkan begitu sensasional dan memberinya banyak keuntungan di kemudian hari. Pada bagian ini dibutuhkan ide/produk yang berkualitas dan komunikasi yang baik sehingga apa yang anda harapkan bisa tercapai dengan lancar.

Ide-ide menarik butuh penelitian dan survei lapangan. Sehingga apa yang anda temukan bukan sesuatu yang sudah ditemukan oleh pihak lain sebelumnya. Tidak ada salahnya jika anda bertanya atau berguru pada seseorang yang anda nilai paham dan mengerti tentang pasar investasi. Bisa jadi karena kerja keras anda maka Tuhan memberi jalan para investor yang bisa merubah dan memberi modal besar.