5 Alasan Mengapa Band Apache 13 Kian Populer di Aceh

0
Source: acehtrend.co

Saat ini, bisa dibilang aliran musik Aceh kian meningkat pesat seiring berkembangnya tehnologi digital. Bagaimana tidak, dengan pesatnya perkembangan zaman, smartphone misalnya, membuat siapa saja dapat mengakses mendengar musik dalam kondisi bagaimanapun dan dimanapun.

Salah satu band Aceh yang kini kian popular di Aceh adalah Apache 13 dengan berbagai ciri khasnya. Tergolong baru, Apache 13 lahir pada 2013 dengan lagu yang paling popular saat ini; ‘Bek Panik’. Itu terbukti dari banyaknya para penggemar bahkan masyarakat Aceh yang mengutip istilah tersebut saat sedang bergurau atau bercanda dengan teman-teman.

Adapun yang menjadikan Band Apache 13 kian popular diantaranya;

1. Non Plagiat

Tak dipungkiri, dibalik meledaknya bursa musik Tanah Rencong saat ini banyak digandrungi oleh para musisi yang mengalih bahasakan lagu yang sudah tenar sebelumnya ke bahasa Aceh. Terlepas apakah pihak terkait memiliki izin atau tidak, tetap saja ini menjadi ‘aib tersendiri bagi para pendengar yang menjunjung tinggi nilai originalitas. Berbeda halnya dengan Apache 13, band yang satu ini murni melantunkan lagu-lagu yang otentik sebagai bentuk bahwa musisi Aceh masih mampu bersaing dengan daya kreativitas sendiri.

2. Meraup Pasar Kalangan SMA

Dari liriknya, dominasi lagu-lagu Apache 13 memang lebih mengarah pada pasar kalangan muda. Lagu ‘Mona’ misalnya. Diperankan sebagai anak sekolahan di SMA N.1 Banda Aceh. Hal senada juga terdapat pada klip video pada lagu ‘Mantan’ yang berlatar di SMA N.1 Ataturk, Pekan Bada, Banda Aceh.

3. Meraup Pasar Kalangan Mahasiswa

 Selain sukses berperan sebagai anak sekolahan, Apache 13 juga sangat memukau dalam memainkan aksinya melalui tarik suara sebagai anak kuliahan. Hal itu tergambar dari lagu yang berjudul ‘Kaleuh Kuliah’, ‘Lemoh Aneuk Muda’, yang bersetting di Unsyiah dan ‘Pajoh Cinta’ yang berlokasi suting di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pasar yang satu ini memang terbilang sangat popular, terbukti dari lagu  ‘Lemoh Aneuk Muda’ yang memperoleh lebih dari 1,8 juta viewer di youtube.

4. Unik dan Lucu

Keunikan Apache 13 tidak hanya terletak pada namanya saja yang menyerupai suku pedalaman di Amerika yang telah punah. Mereka memiliki vokalis  (Nazar Shah Alam ) yang bersuara eksotis dan khas. Jika Nazar bernyanyi, maka siapa saja akan mengenali bahwa itu adalah Apache 13 band. Selain itu, nuansa lucu juga tergambar dari berbagai cuplikan video lagu mereka. Bedanya, selera humor yang terdapat pada band satu ini tidak terlalu alay atau dibuat-buat, melainkan tepat sasaran sebagaimana yang terjadi pada kehidupan nyata para anak muda.

5. Memiliki Pesan Moral

Tidak hanya menarik pada lagu dan videonya semata, Apache 13 band juga memiliki pesan moral yang tinggi bagi para pendengarnya. Tercatat hampir diseluruh lagu popular Apache 13 menyarankan untuk anak muda agar kerja dahulu sebelum memutuskan untuk menikah. Ada juga lagunya yang menyarankan agar para pemuda memprioritaskan membahagiakan orang tua sebelum terlena dalam cinta masa muda. Dan banyak pesan-pesan moral lain yang sangat positif bila dimaknai. Lirik-lirik inilah yang kemudian menjadi salah satu aspek mengapa lagu Apache 13 kerap membekas di hati para pendengarnya.