5 Alasan Mengapa Bergek Paling Populer di Aceh

0
Source: tribunnews.com

Bukan masyarakat Aceh namanya jika tidak mengenal sosok penyanyi Aceh yang unik dan humoris, Bergek. Yup, popularitas Bergek memang tengah naik daun saat ini dibanding para musisi Aceh yang pernah ada sebelumnya. Hal tersebut terbukti dari jumlah viewer youtube pada lagu-lagunya yang mencapai angka jutaan pengunjung. Sejauh ini baru dua musisi Aceh yang memiliki quota sebesar itu, yakni Bergek dan Apache 13. Namun jika di bandingkan, hanya dua lagu Apache 13 yang memiliki jutaan viewer, berbeda dengan Bergek yang hampir memperoleh jutaan viewer di setiap lagu-lagu officialnya.

Adapaun yang membuat Bergek paling populer diantaranya;

1. Genre India

Hampir seluruh senandung lagu Bergek didominasi oleh aliran musik Boolywood, India. Genre satu ini merupakan jenis musik yang tersebar dan diminati oleh pendengar diseluruh penjuru dunia. Di Indonesia, musik ini memiliki kemiripan dengan jenis musik dangdut yang tersebar dan sangat diminati di nusantara. Begitu juga dengan Aceh, dangdut atau yang sudah dikombinasi menjadi pop melayu merupakan aliran musik yang sangat dinikmati dari berbagai usia dan kalangan. Terlepas dari plagiasi atau tidak, para musisi Aceh lainnya juga tak jarang melakukan hal yang sama, namun eksistensi bergek tetap menonjol di atas musisi Aceh lainnya.

2. Humoris

Peneliti telah mengkaji bahwa hampir 80% orang senang dengan sesuatu yang lucu dan menghibur. Begitu juga dengan Bergek, tidak hanya mengundang tawa dari aksi cuplikan videonya yang kocak, lirik dan naskah lagu bergek juga sudah dimodifikasi sangat humoris dan asyik untuk didendangkan dan dinikmati.

3. Cepat Rilis

Hal yang luar biasa dari Bergek lainnya adalah rilis lagu terbaru yang sangat cepat dan tak butuh waktu lama. Dibandingkan musisi Aceh lainnya, sejauh ini Bergek paling intens melaunchingkan album terbarunya. Tak heran hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa jam syuting penyanyi yang bernama asli Zuhdi tersebut sangat padat.

4.Pasangan Duet yang Variatif

Popularitas Bergek lainnya juga sangat dipengaruhi oleh managemen mereka dalam memilih pasangan duet dalam beragam video lagunya. Seperti Ery Juwita, Ayu Kartika, Sri Selisna Dewi dan masih banyak lagi menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminat lagu vokalis yang berasal dari Aceh Utara tersebut.

5. Bahasa Campuran

Hal yang menarik namun jarang menjadi perhatian publik adalah teks lagu-lagu Bergek yang terjadi percampuran antara bahasa Aceh asli dan bahasa Indonesia. Secara formal, ini adalah sebuah kejanggalan namun tanpa disadari mengundang daya tarik bagi para pendengarnya. Bahasa pada lagu Bergek sangat renyah dan mudah dipahami, apalagi perbauran antara bahasa yang berbeda menjadikan lagu-lagunya semakin kocak dan mengundang tawa. Hal tersebut mengingatkan kita pada tokoh dalam film internasional (minion) yang sangat populer dengan ragam bahasa berbeda.