5 Alasan Mengapa Sebagian Oknum Tak Ikut Test CPNS

0
Source: lintasparlemen.com

1. Ijazah Tak Mendukung

Alasan terbesar mengapa banyak ditemukan kalangan yang tidak ikut serta dalam test CPNS adalah Ijazah yang tak mendukung. Tak mendukung disini memiliki dua variasi. Pertama, tidak adanya pendidikan yang dijalani. Kedua, ijazah yang dimiliki tidak masuk dalam berbagai formasi yang dibuka. Terkait tentang alasan kedua, Ini tentu menjadi PR tersendiri bagi pemerintah untuk meningkatkan peluang memperoleh kesempatan kerja bagi para sarjanawan (wati) secara merata.

2. Entrepreneur

Entrepreneur atau yang lebih akrab dikenal dengan wirausaha kerap menjadi prioritas bagi para entrepren. Secara akademisi, pada umumnya, para wirausahawan memiliki ijazah yang layak dan potensial mengikuti tes CPNS, namun mereka lebih memilih hidup penuh tantangan dari pada hidup monoton dari para karyawan pemerintah. Selain itu, bagi mereka, entrepreneur merupakan pekerjaan yang lebih mulia karena membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya.

3. Pesimis

Begitu maraknya para pelamar CPNS, menjadikan segelintir oknum tertentu tidak bergairah lagi mengikuti tes. Biasanya oknum tersebut menyadari kapasitas dirinya, sehingga mengikuti tes CPNS merupakan agenda yang membuang waktu dan tenaganya. Oknum seperti inilah yang layak disebut sebagai ‘kalah sebelum bertanding.’

4. Ketinggalan Informasi

Hal yang tidak kalah uniknya dari gagalnya seseorang dalam berpartisipasi pada test CPNS adalah minimnya informasi. Biasanya, mereka yang ketinggalan informasi adalah oknum yang tinggal di perdesaan dan jauh dari pusat informasi media cetak maupun online.

5. Tak Berminat

Sederhana namun fakta, sebagian kalangan tidak mengikuti tes CPNS dikarenakan tidak adanya minat dalam dirinya. Orang seperti ini biasanya kelompok idealis yang lebih memilih pekerjaan karena hobi (suka) agar bahagia dan menikmati setiap detik pekerjaannya. Salah satu contoh pekerjaan ini adalah; penulis, disain, copywriting, dan pekerjaan sejenis lainnya.