5 Hal yang Paling Sering Dijadikan Sebagai Icon di Aceh

0
Source: okezone.com

Setiap daerah tentu memiliki corak dan karakter tersendiri yang menjadi simbol identitasnya. Hal tersebut senada dengan beragam negara yang memiliki icon khusus seperti Indonesia dengan Monas-nya, Malaysia dengan gedung Menara kembar-nya, Amerika dengan Patung Liberty-nya, Kanada dengan air terjun Niagara-nya dan masih banyak lagi.

Begitu juga dengan daerah Aceh selaku salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung pantai pulau Sumatra. Adapun beberapa objek yang sering menjadi icon atau simbol ke-Aceh-an diantaranya:

1. Topi Teuku Umar

sumber gambar: kamerabudaya.com

Topi Teuku Umar merupakan salah satu icon yang paling sering menggambarkan sisi ke-Aceh-an, sebab topi yang juga dikenal sebagai Kupiah Meukeutop tersebut memang murni berasal dari Aceh yakni kemegahan yang dikenakan salah seorang pahlawan tersohor Aceh, Teuku Umar.

Hakikatnya tidak hanya Teuku Umar yang memakai kupiah tersebut. Panglima Polem (1845-1879) juga memakai hal serupa. Bahkan kupiah yang dipakai oleh Sultan Muhammad Daud Syah dan juga Panglima Polem lebih menyerupai kupiah meukeutop yang tengah populer saat ini dibanding Teuku Umar sendiri.

Eksistensi topi khas Aceh ini memang sangat populer, hal tersebut tercermin dari pakaian adat Aceh yang selalu menjadi the choosen one dalam agenda adat apapun di Aceh. Bahkan tak jarang jika ada tokoh besar nasional yang berkunjung ke Aceh menggunakan topi Teuku Umar untuk menarik simpatisan serta perhatian warga Aceh.

2. Mesjid Raya Baiturrahman

sumber gambar: uprint.id 

Bila memajang foto mesji Baiturrahman semua orang tentu akan tahu bahwa tempat ibadah umat Islam yang satu ini adalah miliknya orang Aceh. Tak heran jika masjid yang memiliki sejarah panjang tersebut menjadi identitas Aceh yang tak bisa dinafikkan kebenarannya. Bagaimana tidak, hampir diseluruh kemasan yang berasal dari Aceh, atau tema suatu objek terkait Aceh bermotifkan masjid Baiturrahman. Fenomena lain juga dapat dilihat dari eksistensi masjid lainnya di Aceh yang interiornya mirip bahkan ada yang menyerupai mesjid tujuh kubah tersebut.

3. Rencong

sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Rencong adalah senjata tradisional Aceh yang sudah ada sejak zaman kesultanan Aceh silam. Tak heran jika pusaka kharismatik tersebut menjadi icon ke-Aceh-an mengingat teksturnya yang tak memiliki kesamaan dengan senjata tradisional lainnya di Indonesia.

Corak dan logo rencong sangat mudah ditemukan di Aceh. Selain merupakan atribut pelengkap dalam pakaian adat serambie mekah, dalam berbagai kemasan, pamlet nama, sepanduk, dan banner berbagai produk Aceh sangat intens menjadikan rencong sebagai tampilan utama.

4. Pintu Aceh

sumber gambar: acehdesain.woedpress.com

Salah satu icon yang sering menjadi motif Aceh namun jarang diketahui namanya adalah motif pintu Aceh. Diberbagai bentuk tekstil seperti kopiah, baju, celana, kain tradisional Aceh kerap memuat ukiran corak pintu tersebut. Bahkan bila menuju Simpang Lima di Aceh, tugu Bukopin dengan amat jelas memuat lukisan pintu aceh di kelima menaranya.

5. The Light of Aceh

sumber gambar: disbudpar.acehprov.go.id

Icon yang satu ini merupakan branding khusus dari hasil kerjasama pemerintah Kota Banda Aceh bersama Dinas Pariwisatanya. “The Light of Aceh” atau yang bermakna “Cahaya Aceh” merupakan cerminan dari semangat persatuan Aceh yang dibalut dalam bingkai Syariat Islam. The Light of Aceh merupakan sosok yang dianggap sebagai model wisata syariat Islam yang tengah menerapkan destinasi halal dalam dunia wisata yang jarang diimplementasikan daerah lain di Indonesia.