5 Mesjid di Banda Aceh yang Paling Sering di Kunjungi Pendatang

0
Source: bangka.tribunnews.com

5. Mesjid Tengku Umar

Mesjid Baitul Musyahadan atau lebih dikenal dengan Mesjid Tengku Umar ini merupakan mesjid unik di Banda Aceh yang memiliki kubah berbentuk topi pakaian adat Aceh. Mesjid ini terletak di Jl. Teuku Umar, Seutui, Kota Banda Aceh tepatnya disebrang jalan Suzuya Mall Banda Aceh. Berhubung teksturnya yang jarang ditemukan pada mesjid-mesjid pada umumnya, menjadikan mesjid yang juga tak jauh dari Rumah Sakit Harapan Bunda tersebut termasuk lima mesjid yang paling sering di kunjungi para pendatang di Banda Aceh.

 4. Mesjid Agunh Al-Makmur (Mesjid Oman)

Mesjid yang berada di Jl. Taman Ratu Syafaruddin atau Jl.Muhammad Daud Beureuh, Lamprit ini dikenal dengan keindahan dan khaligrafinya yang memukau. Setiap bulan Ramadhan, mesjid yang juga dikenal dengan mesjid Oman ini kerap mendatangkan imam-imam besar dari berbagai negara dari Timur Tengah seperti Arab, Mesir, Sudan dan lain-lain.

Selain itu, mesjid yang tak jauh dari Kantor Gubernur Aceh tersebut juga eksis mengadakan lomba-lomba keislaman bagi para siswa-siswi se-Banda Aceh. Atas dasar berbagai kelebihan diataslah menjadikan Mesjid Al-Makmur ini sangat diminati para pendatang.

 3. Mesjid Babut Taqwa Polda Aceh

Setelah mengalami pengrehapan, Mesjid Polda Aceh termasuk satu dari sekian mesjid berbentuk unik di Banda Aceh. Hal tersebut tak terlepas dari tekstur mesjid ya tidak memiliki struktur seperti mesjid kebanyakan.

Mesjid Polda Aceh ini sejatinya tidak seaktif dan seeksist mesjid Oman baik dari sisi kreativitas BKM (badan kemakmuran mesjid) maupun ragam  perlombaan. Akan tetapi, jika indikatornya adalah pengunjung dari luar Banda Aceh (pendatang), Mesjid ini memiliki intensitas yang lebih tinggi. Hal ini tak terlepas dari peran dan fungsi mesjid yang terletak di Jl.Tengku Nyak Arief Jeulingke ini sebagai tempat ibadah bagi para calon yang tengah mengikuti tes kepolisian yang sering digelar di Polda Aceh.

 2. Mesjid Jamik Unsyiah

Sudah tak asing lagi jika mesjid Jamik Unsyiah selaku mesjid para mahasiswa layak dinobatkan sebagai mesjid yang paling banyak dikunjungi para pendatang. Sudah dipastikan, ribuan mahasiswa yang diterima setiap tahunnya oleh Universitas Syiah Kuala akan mengunjungi mesjid berlantai dua tersebut.

Bukan hanya mahasiswa Unsyiah, tak jarang mahasiswa UIN At-Raniry pun kerap melaksanakan ibadah di Mesjid Jamik sebab rumah kos mereka tak jauh dari lokasi mesjid. Berhubung Unsyiah dan Uin Ar-Raniry selaku kampus yang paling memiliki jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya (pendatang), menjadikan mesjid ini layak berada diposisi kedua.

 1. Mesjid Raya Baiturrahman

Akhirya, pemenang dari mesjid yang paling banyak dikujungi pendatang di Banda Aceh diduduki oleh mesjid raya Baiturrahman selaku mesjid kebanggaan dan sudah menjadi icon bagi rakyat Aceh.

Mesjid ini sudah ada sejak zaman pemerintahan kerajaan Aceh dan masa kolonial belanda dengan berbagai sejarah panjangnya. Mesjid ini sudah banyak mengalami renovasi dan inovasi, salah satunya yang paling populer saat ini adalah payung raksasa yang dibangun pada masa pemerintahan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf.

Berdasarkan fakta dilapangan, hampir setiap hari ada para pendatang yang mengunjungi meajid Raya Baiturrahman ini. Mesjid ini benar-benar sudah menjadi sebuah stimulasi bagi para pendatang seolah-olah 'Ke Banda Aceh belum sempurna tanpa mengunjungi meajid Raya Baiturrahman. Tentunya, tak heran jika meajid ini paling pantas memiliki peringkat pertama sebagai mesjid yang paling sering dikunjungi para pendatang yang ada di Banda Aceh.