6 Lucu tapi Fakta, Kebiasaan Mahasiswa yang Tinggal di Kos

0
Source:

Sudah bukan asing lagi jika mahasiswa cenderung bersetatus sebagai anak perantauan. Demi menimba ilmu mereka rela meninggalkan kampung halamannya dengan harapan kembali dengan keadaan sosial yang lebih baik. Sudah sewajarnya pula, bagi para mahasiswa yang tidak memiliki kediaman disekitar kampus akan lebih memilih mengontrak rumah kos untuk mempermudah aktivitas perkuliahan. Berbicara tentang mahasiswa kos, ada beberapa kebiasaan yang tak dapat ditemukan pada orang pada umumnya, diantaranya;

1. Mandi Kilat

Beberapa diantara mahasiswa memiliki jadwal yang acak-acakan dan tak terscedule dengan baik. Ketika jam masuk kuliah sudah tiba, mereka masih di kos dan terpaksa mandi degan cepat agar tidak telat masuk jam pelajaran. Bahkan tak jarang beberapa mahasiswa jarang mandi dikarenakan harus mengantri kamar mandi yang dipakai oleh teman kos lainnya.

2. Mata Panda

Dahulu ketika masih tinggal bersama orang tua di kampung, jam 10-an malam sudah harus ada dirumah, jam 12-san harus sudah tidur. Tentu berbeda ceritanya setelah menjadi mahasiswa kos, tidak ada yang melarang pulang larut dan tidak ada yang memarahi jika telat tidur. Efeknya tentu jadwal tidur menjadi berantakan.

Akibat jadwal tidur yang tidak tersistem dengan baik, mengakibatkan mahasiswa sering kantuk kala mengikuti jam kuliah. Dan beberapa diantaranya memiliki identitas mata Panda, yakni mereka yang memiliki kantung mata gelap bila kurang istirahat.

3. Telat Ngpus, Bocor Ban

Mungkin kita sebagai individu yang pernah menjadi anak kos akan merasakan pahit manisnya kehidupan mahasiswa. Salah satunya telat kuliah atau dalam berbagai acara kampus dan mengkambing hitamkan ban motor sebagai alasannya. Jika ban bocor sudah sering digunakan, kita akan mengatakan kunci hilang, kena tilang, hinda mogik, dan alasan konyol lainnya yang terkadang orang sudah tahu karena itu modus anak kos.

4. Pindahan, Barang Dibuang

Salah satu hal unik lainnya dari kebiasaan mahasiswa adalah membuang barang saat pindah kos. Padahal, barang yang dibuang terkadang masih bisa digunakan, namun karena merasa repot, tumpukan sampah di kos lama menjadi alternatif. Mahasiswa kos cenderung membeli baru barang yang dianggap sudah usang ketika pindah ke kos lainnya, luar biasa.

5. Kiriman Uang Habis di Minggu Pertama

Namanya juga anak kos, kiriman uang adalah kabar gembira layaknya kejatuhan durian. Berbagai keperluan dan media hiburan dibelanjakan sampai puas. Baru sadar ketika uang perbulan sudah menipis, parahnya itu terjadi di minggu pertama dan menyisakan 3 minggu kedepan. anak kos pun terpaksa harus mencari modus alternatif seperti belibuku, bayar iuran ini itu, dan trik lainnya agar masa kehidupan kosnya terselamatkan.

 6. Mie Instan, Makanan Pokok

Bukan anak kos namanya jika tidak pernah mencicipi nikmatnya indomie seduh. Ya, mie instan adalah makanan pokok anak kos yang membudaya setiap tahunnya. Selain rasanya ala mahasiswa harganya sangat terjangkau bagi mereka yang kantungnya sudah bolong (kehabisan kiriman uang). Bahkan ada juga para mahasiswa berkantung tebal juga menjadikan mie instan sebagai makanan pokok karena tak punya cukup waktu atau malas memasak