7 Objek Wisata Paling Indah di Kabupaten Simeulue Aceh

0
Source: hikayatbanda.com

Sebagai warga atau pendduk yang berdomisili di Aceh, Simeulue merupakan daerah yang tidak asing karena secara kuantitas merupakan salah satu etnis dari masyarakat Aceh yang jumlahnya menghiasi ragam budaya dan corak kesukuan di tanah rencong.  Bentang alam Kabupaten Simeuleu merupakan salah satu dari lokasi di Aceh yang melahirkan beragam lokasi pariwisata yang indah dan tentu memanjakan mata.

Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa setiap pantai di Simeulue memiliki keindahan dan daya tarik yang luar biasa. Tidak heran jika banyak para turis dan pendatang mencoba merasakan nuansa keindahan dengan terjun langsung ke berbagai objek wisata Simeulue yang tak kalah menarik dari berbagai objek wisata lainnya, Adapun beberapa lokasi wisata di kabupaten Simeulue diantaranya;

1. Pantai Pasir Tinggi

Merupakan pantai asri nan indah yang berlokasi di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Aceh. Letaknya tak jauh dari pantai Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan. Lebih spesifik, objek wisata ini terdapat diantara alus-alus Labuhan Bakti.

Suasana yang sejuk permai ditambah bentang alam yang romantis tentu akan memanjakan mata dan hati siapa saja kala bersetuhan dengan tiupan angin dan birunya laut bak cakrawala.

2. Danau Tawar Teluk Dalam

Danau ini berlokasi di Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk dalam, Simeulue. Secara geografis danau ini diperkirakan memiliki panjang 800 meter dengan lebar sekitar 500 meter. Danau yang memiliki jarak tempuh 53 kilometer dari pusat kota Sinabang ini merupakan objek wisata yang patut dikunjungi. Sebab selain panorama alamnya yang masih murni akan polusi air, bagi para pengunjung yang memiliki jiwa petualang tentu merasa tertantang untuk menelusuri setiap seluk beluk danau yang juga dikenal dengan sebutan Lawik Tawar Tersebut.

3.  Pulau Siumat

Merupakan objek wisata yang memiliki daya romantisme dan nilai eksotis yang luarbiasa. Merupakan pulau yang cocok dijadikan lokasi berbulan madu bagi mereka para pecinta alam. Suasananya yang sunyi semampai tentu akan menambah nuansa romantis menuju puncak keindahan yang tiada duanya.

4. Pulau Tepi

Pulau Tepi merupakan satu dari sekian banyak objek wisata di Simeulue yang layak menjadi sorotan untuk dikunjungi. Salah satu yang sangat mengandung daya tarik yang memukau adalah pesona bawah lautnya yang akan menggugah hati siapa saja yang melihatnya. Ini merupakan bagian dari kekayaan alam laut di kabupaten Simeulue yang tak sembarang ditemukan diberbagai pantai lautan lainnya.

5. Pantai Thailand

Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki keindahan dan pesona alam yang tak kalah dengan berbagai pantai yang terdapat disalah satu negara Asia Tenggara, Thailand. Merupakan bentang alam yang menakjubkan dengan lautan hijau toscanya yang menyerupai teluk yang melengkung. Ditambah keindahan pantai pasir putihnya tentu membuat siapa saja akan mudah berlama-lama menghabiskan waktu disekitarnya. Objek wisata ini berlokasi di Desa Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan yang posisinya berdurasi satu jam apabila dilalui melalui transportasi darat.

6. Pantai Ganting

Merupakan lokasi wisata Kabupaten Simeulue yang terletak di Kuala Makmur, 11 kilometer dari pusat kota Sinabang. Dari kota ini, durasi yang dibutuhkan jika menempuh dengan jalur darat kurang lebih sekitar setengah jam.  Kombinasi pantai natural ini yang berdekatan langsung dengan Pantai Sikumat akan menjadikannya lokasi paling romantis khususnya apabila senja mulai tiba.

7. Pantai Busung

Merupakan pantai yang menawarkan pesona ombak dan pasir yang damai dipandang mata. Lokasinya terletak di daerah Labuhan Bajau tepatnya di Desa Busung, Kecamatan teupah Tengah. Selain pesona daratnya, pantai Busung juga dikaruniai akan pesona bawah lautnya yang akan menggetarkan pesona hati siapa saja yang melihatnya.