8 Manfaat Dan Khasiat Buah Jamblang Untuk Kesehatan

1
Source: https://lianablogdotcom1.files.wordpress.com/2015/08/419126_21c8e852-ef46-11e4-98bd-db0687772fba.jpg

Buah jamblang atau yang dalam bahasa aceh boh jambee kleng adalah salah satu buah yang sudah langkah. Buah jamblang memiliki tekstur ciri yang kecil sedikit lonjong dan memiliki warna yang sangat menonjol sehingga buah ini tergolong buah yang kaya akan kandungan zat anti oksidan dan merupakan salah satu sumber vitamin C.

Kandungan dari zat antioksidan dan vitamin pada buah jamblang dipercaya sangat baik untuk kesehatan sehingga sering digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan. Berikut manfaat buah jamblang bagi kesehatan tubuh:

Melindungi Kesehatan Jantung

Dalam 100 gram buah jamblang terkandung 23 mg sodium dan 57 mg kalium. Kedua kadungan tersebut berfungsi sebagai pengatur tegangan otot pada jantung, menstabilkan detak jantung sehingaa dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung seperti korner atau penyempitan pembuluh ateri pada jantung.

Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang belum diketahui obatnya, hanya penetralisir buatan yang baru ditemukan. Penetralisir tersebut memang dapat menurunkan kadar insulin secara kimia, namun pemakaian secara bengangsur-angsur tentu saja juga akan membahayakan bagi kesehatan tubuh. Buah jamblang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara mencerna gula dari darah seseorang.

Tingkatkan Nafsu Makan

Kandungan pada buah jamblang dapat meningkatkan fungsi pencernaan, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan yang menurun.

Menyembuhkan Sakit Batuk

Senyawa antioksidan dan kandungan vitamin C pada buah jamblang dapat melawan bakteri dan virus yang membandel pada tubuh, sehingga batuk si penderita akan sembuh.

Mengatasi Masalah Kesehatan Mata

Dalam 100 gram buah jamblang terdapat sekitar 81 IU vitamin A. Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi penglihatan yang rabun. Selain itu, buah jamblang juga dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan inveksi jamur.

Melindungi Kesehatan Tulang serta Gigi

Dalam 100 gram buah jamblang terdapat kalsium 16 mg,  magnesium 36 mg, pospor 16,7 mg, dan zat besi 1,7 mg. Senyawa tersebut terbukti dalam meningkatkan fungsi kepadatan tulang dan gigi sehingga dapat mencegah erosi gigi dan osteoporosis (penyakit pengeroposan) pada tulang.

Sumber Tenaga Badan

Dalam 100 gram buah jamblang terdapat 0,5 lemak dan 0,133 g protein serta karbohidarat sebanyak 14 g. Kandungan lemak, karbohidrat dan protein dapat meningkatkan masa otot dan serta meningkatkan tenaga.

Mencegah Kolesterol Jahat Didalam Badan

Buah jamblang mengandung senyawa berupa alfa phytosterol yang berupa sterol yang dapat mencegah penyakit kolestrol. Penyakit kolestrol jika di abaikan dapat memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung koroner dan penyempitan pembuluh darah.

1 Comments