Air Terjun Peucari: Perjalanan Yang Melelahkan Namun Menyenangkan

0
Source: tarmiziblink.blogspot.co.id

Seperti yang dikatakan. Aceh besar banyak menyimpan tempat-tempat yang menarik, dan kita tidak akan tau seberapa banyak tempat-tempat itu jika tidak dijelajahi. Di ibu kota Aceh Besar tepatnya kota Jantho terdapat sebuah air terjun yang masih jarang dikunjungi, air terjun tersebut yakni Air Terjun Peucari.

Air Terjun Peucari terletak ditengah belantara hutan Jantho, dari Banda Aceh Menuju Kota Jantho Aceh Besar membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan mobil. Bukan hanya sampai disitu saja, dari pusat kota pengunjung masih harus menempuh perjalanan sekitar lebih kurang 10 kilometer ke Kampung Bueng, Kecamatan Jantho, yang menjadi jalur masuk ke lokasi air terjun. Sebaiknya jika ingin ketempat wisata ini gunakanlah kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Karena tidak ada kendaraan umum yang melayani rute dari pusat kota Jantho ke Bueng

Ketika sampai dikampung Bueng para pengunjung tidak boleh langsung masuk ke jalur menuju lokasi, sebelum itu pengunjung harus melapor terlebih dahulu kepada kelompok pemuda setempat yang berada di sebuah pos jalur masuk. Lokasi air terjun ini sangat jauh dari perkampungan jadi para pengunjung diwajibkan didampingi oleh pemuda setempat atau bisa dikatakan didampingi oleh guide (pemandu) .

Hal Itu dilakukan untuk mengantisipasi pengunjung tidak tersesat atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pengunjungpun harus membayar Rp 200.000 per kelompok (maksimal 10 orang) kepada guide (pemandu) tersebut.

Setelah semua urusan dipintu masuk jalur selesai,mulailah perjalanan yang sebenarnya. Pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih selama 2 jam melalui jalur, dengan jarak tempuh sekitar 4 kilometer dari Gampong Beung ke dalam hutan. Selama perjalanan pengunjung tidak akan pernah merasa lelah, walaupun ada sedikit, tapi itu akan dilalaikan dengan pemandangan sekitar saat perjalanan. Salah satunya melewati aliran arus sungai dingin dan jernih yang berlawanan, melihat tekstur bebatuan yang indah, menyusuri hutan Jantho yang masih asri, dan hal-hal menarik lainya disepanjang perjalanan.

Selain hanya berjalan, saat mendekati garis finish pengunjung harus menaiki sebuah tanjakan dengan jarak kurang lebih sekitar 48 meter. Karena titik lokasi ada dibalik tanjakan tersebut. Yaitu Air Terjun Peucari. Suara gemercik menjadi penanda bahwa pengunjung sudah tiba dilokasi air terjun tersebut. 

Air Terjun Peucari merupakan air terjun yang bertingkat-tingkat. Tingkatan air terjun tersebut ada 7 dari puncak hingga telaga terakhir. Masing-masing tingkatan, ketinggiannya sekitar 1 hingga 2 meter.

Setiap tingkatan memiliki kolam yang berisikan air yang jernih dan bersih dibawahnya. Masing-masing kolam memiliki kedalaman yang berfariasi. Sungguh sangat menyegarkan bila mandi dibawah derasnya air terjun tersebut.

Setiap Para pengunjung yang datang ketempat ini pasti bawaannya ingin merasakan kesejukan air terjun tersebut, berendam dan membiarkan tubuhnya diguyur oleh air yang jatuh. 

Ditempat wisata ini belum ada fasilitas seperti, warung makan, mushala, kamar kecil, dan sebagainya, karena tempat ini masi merupakan alam asli yang belum memiliki fasilitas tersebut. Jadi persiapkan keperluan yang bisa digunakan pada saat sampai dilokasi tersebut.