Anda di Banda Aceh? Rugi Jika Tidak Mengunjungi Salah Satu Tempat Ini

0
Source:

Popularitas Banda Aceh tentu kian memuncak seiring perkembangan waktu dan keadaan. Hal itu terbukti perhatian berbagai media televisi yang sering menjadikan Aceh sebagai berita utama bahkan headline berhari-hari apabila ada fenomena di provinsi yang dikenal sebagai negeri syariat tersebut.

Disamping itu, keunikan Aceh yang sensasional, dengan berbagai kekayaan objek wisata dan infrastrukturnya tentu akan menjadikan Aceh sebagai salah satu daerah yang masuk dalam daftar kunjugan oleh para wisatawan.

Adapun tempat yang mesti dikunjungi bahkan rugi bila tidak meluangkan waktu apabila tengah berada di Banda Aceh diantaranya;

1. Mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid yang satu ini memang sudah seperti icon-nya kota Banda Aceh. Bagaimana tidak, hampir disetiap sepanduk iklan atau informasi tentang Aceh kerap menggunakan grafik mesjid tersebut. Ditambah lagi, wajah baru mesjid Baiturrahman dengan payung indahnya serta letaknya yang amat strategis di pusat kota dan pembelanjaan membuat mesjid yang pernah menjadi pusat pertahanan kerajaan Aceh tersebut sangat populer baik bagi kaum pendatang ataupun kaum pribumi sendiri.

2. Sabang

Bisa dikatakan bahwa Sabang adalah Bali nya Aceh. Sebab pesona lautan dan panoramanya sungguh mengguggah mata dan amat sayang jika dilewatkan. Kendatipun proses menuju Sabang melalui rute laut dan tidak langsung bisa sampai bila di Banda Aceh, tentu tidak menghalangi minat pengunjung yang tampak antusias dan berbondong-bondong menuju Sabang bila hari libur tiba.

3. Kapal Apung

Merupakan bukti sejarah dari dahsyatnya bencana gempa dan tsunami Aceh yang masih bisa ditemukan dengan kasab mata. Kapal yang diperkirakan berbobot ribuan ton dan berbahan dasar besi tersebut kini berada ditengah-tengah pemukiman penduduk akibat terseret ombak besar. Kini Kapal Apung berada dalam pengawasan dan perawatan pemerintah daerah dan dikemas sedemikian rupa untuk menarik minat wisatawan.

4. Museum Tsunami

Bangunan yang berbentuk kapal dan tetletak disekitar pusat kota memiliki daya magis tersendiri bagi para pengunjung. Letaknya yang terjangkau dan mudah dilalui tentu sangat disayangkan bila dileweatkan begitu saja kala berada di Banda Aceh. Di dalamnya terdapat beragam unit yang dipamerkan seperti lukisan tsunami, miniatur museum, dan bukti fisik lainnya yang mengilustrasikan fenomena gempa dan tsunami yang melanda Aceh.

5. Lapangan Blang Padang

Selain merupakan tempat hiburan dan salah satu pusat rekreasi keluarga, lapangan tersebut memuat banyak unsurĀ  sejarah dan fenomena yang layak untuk dikaji. Didalamnya terdapat monumen pesawat yangberdasarkan literatur sejarah merupakan sumbangan rakyat Aceh untuk kemerdekaan NKRI silam. Selain itu dipinggiran lapangan juga dikelilingi beragam monumen moncong perahu yang bermotif berbagai bendera negara-negara di dunia. Bendera tersebut merupakan bentuk penghargaan Aceh terhadap negara-negara yang memberikan bantuan kemanusiaan pasca gempa dan tsunami di Aceh.

Itulah kelima lokasi menarik yang rugi apabila tidak dikunjungi selama berada di Banda Aceh. Masih banyak daerah lainnya yang tak kalah menarik seperti makam Syiah Kuala, Mata Ie, Makam Iskandar Muda, Kampus Unsyiah, Uin Ar-Raniry dan lain-lain