Anda Lelaki? Jangan Menikah Sebelum Mampu Melakukan Ini

0
Source: aceh.net

Menikah tentu bukan perkara main-main. Butuh persiapan baik secara fisik maupun mental serta finansial. Akan tetapi dalam hal ini, penulis ingin mengajak pembaca, khususnya laki-laki untuk  memahami satu hal penting yang harus mampu dilakukan sebelum memutuskan untuk menikah. Apakah itu? Pahami dialog berikut;

"Pa, saya ingin menikah. Bolehkah?" tanya seorang anak pada ayahnya.

"Menikah? Minta maaf dulu dengan Papa." Balas sang Ayah.

"Tapi salah saya apa?"

"Minta maaf dulu dengan Papa."

"Setidaknya beri saya alasan, mengapa saya harus minta maaf, salah saya apa?" Bingung sang anak.

"Papa bilang minta maaf, kamu mau minta maaf tidak?"

Dengan berat hati, akhirnya dengan sejuta penasaran sang anak menjawa; "Ya Pa, Saya minta maaf."

Sang Papa tersenyum, lalu berkata; "Nah, sekarang kamu boleh menikah!"

Sang anak tentu saja bingung. "Lho.., koq bisa?"

"Wahai anakku, jika kamu menikah kelak. Kamu akan menjalani manis pahitnya kehidupan. Bila kamu sudah mempunyai istri kelak, kamu akan menghadapi suatu kondisi dimana istri akan murung atau marah, atau menangis tanpa alasan yang jelas. Kamu tidak tahu kamu salah apa, demi kebaikan, maka kamu harus berbesar hati untuk meminta maaf tanpa harus mempermasalahkan siapa yang bersalah."

Jadi intinya, bagi anda lelaki, sudah seharusnya mampu mengalah dan berbesar hati kepada pasangan anda, terlebih lagi jika ia adalah istri anda sendiri. Jika anda belum mampu bersikap 'besar hati' maka cepat atau Lambat keretakan rumah tangga akan semakin melebar. Apalagi jika pasangan anda kelak adalah wanita yang sensitif dan mudah sakit hati. Jika anda tidak peka, ibarat 'jauh panggang dari api'. Titik temu keharmonisan akan sulit dicapai. Sebagai lelaki anda harus lebih dewasa, penyabar, berdedikasi, penyayang, dan pemaaf. Jika anda serius ingin menikah, maka siapkan diri anda untuk mampu bersikap pemaaf dan berbesar hati sedini mungkin. Semoga bermanfaat.