Apa yang Bisa Dilakukan Orang Aceh untuk Rohingya?

0
Source: english.alarabiya.net

Beberapa tahun terakhir ini, dunia internasional khususnya Asia Tenggara dan sekitarnya, tengah dihebohkan dengan fenomena penindasan dan pengusiran etnis Rohingya yang dilakukan oleh pemerintah negara Nyanmar. Sebagian informasi mengatakan bahwa Nyanmar yang basik penduduknya beragama Budha telah melakukan deskriminasi terhadap kelompok masyarakat yang notabennya beragama Islam. Nyanmar sendiri selaku esekutor yang menyebabkan muslim Rohingya berbondong-bondong melarikan diri ke perbatasan kerap mendapat kecaman dari berbagai negara tetangga, namun status etnis Rohingya yang tak diakui sebagai penduduk Nyamar kerap kali menjadi motif kuat sehingga Nyanmar tidak terkena oleh dampak hukum internasional.

Diduga ada unsur politisi dibalik ini semua untuk mengangkat kasus deskriminasi agama selaku isu sensitif yang dapat mengahncurkan kerukunan umat beragama bahkan kerukunan antar negara tetangga. Terlepas dari permainan politik atau bukan, sebagai pengamat realita sosial yang terjadi pada muslim Rohingya, tentu orang Aceh yang secara kultur memiliki empati yang kuat terhadap sesama islam tidak bisa tinggal diam. Apa yang bisa dilakukan orang Aceh bagi muslim Rohingya?

1.Doa

Sebagaimana yang dipahami, saat ini doa adalah senjata umat muslim yang secara otoritas tidak memiliki power yang cukup di kancah internasional. Begitu juga dengan masyarakat Aceh, doa merupakan tindakan yang sangat mungkin dilakukat saat ini guna membantu saudara seagama di Rohingya agar menperoleh jalan keluar yang terbaik. Diberbagai majelis dan shalat berjamaah di Aceh, sering dilakukan doa bersama untuk membantu para muslim di Rohingya.

2. Penggalangan Dana

Diberbagai titik di daerah Aceh, khususnya Kota Banda Aceh kini tengah ramai digandrungi oleh para relawan baik dari kelompok mahasiswa ataupun golongan organisasi tertentu untuk melakukan penggalangan dana di lampu-lampu merah. Selain itu, Baitul Mal Aceh selaku lembaga sosial di Aceh juga gencar melakukan penggalangan dana melalui rekening dan iklan-iklan besar di sebagian penjuru kota Banda Aceh. Dana yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk membantu kebutuhan para etnis Rohingya yang tengah mengungsi di berbagai perbatasan Nyanmar. Sebagai sekelompok yang tengah melarikan diri dengan berjaan kaki, tentu mereka sangat membutuhkan bantuan dana terkhusus untuk menyuplai kebutuhan makanan, pakaian dan kesehatan.

3. Suka Politik

Sejatinya suaka politik merupakan hak politik yang diberikan oleh pemerintah negara lain kepada masyarakat atau individu sehingga kependudukan dan keselamatan mereka dijamin oleh negara yang memberikan hak suaka politik tersebut. Aceh secara konstitusi memang  tidak memiliki otoritas memberikan suaka politik kepada etnis Rohingya, namun melalui parlemen atau anggota DPR nya tentu Aceh dapat mengusulkan kepada Indonesia untuk memberikan Suaka Politik sehingga para etnis Rohingya dapat tinggal dan hidup di Aceh.

4. Aksi Damai

Aksi damai merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membebaskan etnis Rohingya dari ancaman negaranya. Dengan adanya aksi damai diharapkan dapat mengetuk hati nurani atau menggerakkan mereka-mereka yang memiliki power atau otoritas dalam membebaskan etnis Rohingya dari kemelutan yang tengah eksis akhir-akhir ini.