Apa yang Dilakukan Orang Aceh di Warung Kopi?

0
Source: bairuindra.com

Sudah tak asing lagi bahwa Aceh dijuluki sebagai daerah sejuta warung kopi. Hal tersebut tak terlepas dari menjamurnya warung kopi di hampir sluruh daerah baik kota maupun desa. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang tidak kalah eksist dengan fenomena di atas. Seakan keduanya sudah ditakdirkan sebagai suatu realita yang menjadi identitas orang Aceh.

Maraknya pengunjung warung kopi tentu menjadi diskusi menarik, apa sih yang orang Aceh lakukan di warung kopi hingga rela menghabiskan banyak waktu disana?

 

1. Makan dan ngopi

Sama seperti namanya, salah satu alasan orang Aceh ke warung kopi adalah untuk meneguk secangkir 'Sanger' atau kopi hitam khas Aceh yang dipercaya dapat menghilangkan ngantuk, pusing, dan penat. Sebagian orang Aceh sangat bergantung dengan kopi, apabila ia tidak mengkonsumsinya sehari saja maka rutinitasnya tidak se-energik seperti biasanya.

 

2. Ngobrol dan sharing

Ngobrol merupakan kebiasaan yang menjadi budaya pertemuan orang Aceh. Di warung kopi, orang Aceh bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam lamanya walaupun topik yang dibahas hanya senda gurau semata. Selain ngobrol, tukar fikiran (sharing) mengenai berbagai topik dalam persoalan hidup juga sering Dilakukan.                        

3. Nonton Bareng

Setiap malam minggu dan malam senin, warung kopi di Banda Aceh memiliki jumlah pelanggan yang lebih besar dari biasanya. Hal ini tak terlepas dari jadwal pertandingan bola dunia seperti primer liga, seri-a, dan Laliga. Belum lagi bila ada elclassico (Real Madrid vs Barcelona) yang sering memecahkan rekor pelanggan terbanyak disetiap warung kopi. Nonton bareng menjadi suatu kebiasaan yang inten khususnya bagi para mahasiswa pecinta sepak bola. Bahkan walaupun mereka memiki chanel tv dirumah atau di kos, nonton bareng di warung kopi memiliki kelebihan tersendiri yang menghibur untuk diikuti.

 

4. Chating dan Internetan

Salah satu kelebihan warung kopi di Aceh adalah layanan Wifi nya yang tersedia gratis hampir diseluruh warung kopi yang ada.Hal tersebut tentu tak disia-siakan oleh para pelanggan sehingga betah seharian bertengger disana. Dibandingkan paket internet yang tersedia pada gsm pribadi pelanggan, konektivitas dan speed internetan wifi di warung kopi biasanya jauh lebih cepat. Hal tersebut menjadi daya tarik khusus sehingga para pelanggan berdatangan dan memesan makan dan minuman yang tersedia.????

5. Buat Tugas

Di Aceh sudah sangat tren mengerjakan tugas apakah itu tugas kuliah atau tugas perkantoran di warung kopi. Warung kopi dinilai memiliki daya tarik yang luar biasa dan mencegah para pelaku untuk tidak ngantuk dan ketiduran dalam proses pembuatan tugasnya. Bahkan tak jarang ditemukan para pelajar yang menggelar tugas kelompok di warung kopi.

 

6. Kerja

Berbicara soal kerja, biasanya identik dengan kantor. Padahal, di warung kopi juga tidak sedikit pelanggan yang mencari uang sampingan seperti designer, video marker, jual-beli online, dan juga penulis. Disamping warung kopi menyediakan makanan dan minuman yang mencegah kantuk, seperti beberapa poin di atas fasilitas internet gratis menjadi unsur pelengkap sehingga warung kopi sarana yang layak untuk dikunjungi.

 

7. Lapak Gamer

Mengingat semakin canggih dan majunya dunia network saat ini, game online pun marak dan populer oleh berbagai kalangan. Jika dulu game hanya didominasi oleh kaum anak-anak. Saat ini game online juga digandrungi oleh remaja, orang dewasa, bahkan wanita. Berhubung warung kopi di Aceh sangat mengutamakan keberadaan wifi gratis, menjadikan warung kopi lokasi ideal sebagai lapak para gamer memainkan aksinya.