Apa yang Dilaukan Masyarakat Aceh pada HUT Kemerdekaan Indonesia?

0
Source: okezone.com

Sesuai dengan sejarah yang fenomenal, 17 Agustus merupakan hari dimana Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Walaupun pada masa itu Indonesia sedang dalam keadaan vakum atau rentan Jatuh apabila ada negara lain menyerang, tidak mengendorkan semangat juang para tokoh proklamasi dalam meraih kemerdekaan yang selama ini diidamkan.

Aceh merupakan bagian dari NKRI, perjuangan Aceh juga tak kalah pentingnya dalam membantu Indonesia merealisasikan kemerdekaan. Beberapa diantaranya sumbangan pesawat Aceh dan stasiun radio Aceh dalam menunjang keberhasilan lemerdekaan.
Sekarang, 72 tahun sudah berlalu. Pahit getir perjuangan para pahlawan sebelumnya tentu tak langsung dirasakan masyarakat masa kini yang sudah mencicipi indahnya kemerdekaan. Namun bukan berarti masyarakat Indonesia melupakan itu semua termasuk Aceh. Apa yang dilakukan masyarakat Aceh pada masa peringatan proklamasi Indonesia?

1. Memasang Bendera Merah Putih di Depan Rumah

Walaupun Aceh sempat dihebohkan dengan masa konflik dan sejarah hendak berpisah dengan Indonesia, kesepakatan damai yang diperingati pada 15 Agustus menjadi modal penting bahwa Aceh masih bagian dari NKRi. Salah satu buktinya adalah kesediaan masyarakat dalam memasang atribut merah putih dihalaman rumah masing-masing. 

2. Upacara Bendera

Sama seperti daerah lainnya di Indonesia. Aceh juga menggelar upacara bendera masal oleh perwakilan seluruh sekolah yang ada. Di Banda Aceh, upacara dilakukan di Lapangan Blang Padang yang terletak di pusat kota Banda Aceh.

3. Lomba Kemerdekaan

Berbeda dengan daerah lain yang sering menggelar lomba 17-san seperti makan kerupuk, panjat pinang, lari goni dan sebagainya oleh panitia perangkat Desa masing-masing. Di Aceh berhubung kedekatan masyarakat lebih intens pada mesjid setempat, tak jarang proses acara 17-san dilakukan oleh BKM Meajid atau diumunkan di mesjid. Mesjid merupakan tempat sentral bagi masyarakat Aceh dalam beribadah dan bersatu. Perlombaan 17-san dalam memeriahkan HUT kemerdekaan RI di Aceh sering digelar satu atau dua hari setelah proklamasi yakni tanggal 18 atau 19 Agustus.

4. Berdagang Bendera

Kemeriahan HUT kemerdekaan Indonesia ternyata bukan sebatas peringatan semata, lebih dari itu hikmahnya juga berdampak pada pedagang atribut bendera yang mudah ditemui di pinggir-pingir jalan Banda Aceh. Selain itu penjualan atribut seperti bendera ukuran mini, gantungan mobil bermotif bendera Indonesia, dan lain sebagainya juga sering diperjual belikan di seputaran simpang lampu merah Kota Banda Aceh.