Awas! Calo PNS Beredar Menjelang Pembukaan Besar-Besaran

0
Source: kalbar.prokal.co

Menjelang akhir 2017 kali ini, tes CPNS tengah dibuka besar-besaran. Tercatat lebih dari 50 instansi pemerintahan, dan lebih dari 1.000 lowongan dibuka bagi para pemburu pekerjaan. Dibalik itu, kesempatan emas ini ternyata juga lahan basah bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan.

Salah satunya adalah isu lulus CPNS dengan jalur belakang yakni uang jaminan (Suap). Sebagaimana yang diinfokan oleh pihak pemerintah, tes CPNS kali ini murni kompetisi secara sehat. Terlebih lagi sistem CAT (computer assistent Test) merupakan aplikasi yang secara prosedur sudah didisign agar meminimalisir terjadinya pelanggaran pada ujian. Peserta yang mengisi jawaban tes pada aplikasi online ini, ketika finish maka data yang ia masukkan akan langsung tersimpan otomatis dan terkirim ke pusat. Para peserta bahkan panitia, tidak bisa mengubah hasil tes jika sudah log-in dan log-out pada durasi yang diberikan.

Jadi, jika ada yang menawarkan bahwa tes CPNS dapat diraih dengan uang puluhan juta atau bahkan ratusan juta. Waspadalah! 99% bentuk penawaran kelulusan yang datang dengan jaminan uang, merupakan tindak-tanduk penipuan oleh calo-calo yang tak bertanggung jawab.

Jangan sampai terpedaya walaupun diimingi dengan berbagai janji atau surat apapun. Biasanya para calo akan meminta uang panjar dengan biaya 50%. Itu berarti, jika pasaran harga yang dimainkan calo untuk lulus PNS adalah Rp. 100 Juta, para korban yang tertipu akan kehilangan uang mereka sebesar Rp. 50 Juta. Bayangkan, uang sebanyak ini lebih baik dijadikan modal usaha dari pada dibuang begitu saja. Kalaupun uang tersebut bisa meluluskan pelamar, tetap saja itu merupakan tindakan kriminal dan merupakan kasus penyuapan. Tidak hanya buruk dimata hukum, melainkan juga dimata agama.