Banda Aceh Masuk dalam 10 Kota Layak Pemuda Se-Indonesia

0
Source: bandung.pojoksatu.id

Banda Aceh bersama dengan 9 kota/kabupaten lainnya se-Indonesia memperoleh gelar ‘Kota Layak Pemuda’ yang diprakarsai oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. Adapun kota/kabupaten lainnya adalah Kota Makassar, Bandung, Jakarta Utara, Tanggerang, Padang, Ternate, Pontianak, Tanggerang Selatan, dan Kabupaten Bantaeng.

Indikator yang menjadi aspek penilaian mencakup 3 aspek yakni regulasi kepemudaan, fasilitas kepemudaan di daerah, dan alokasi anggaran daerah yang berperan untuk pengembangan pemuda.

Penganugrahan ‘Kota Layak Pemuda’ tersebut rencananya akan digelar setiap tahunnya setelah sukses pada peluncuran pertamanya di tahun 2017 ini. Menurut Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga; Adanya predikat tersebut berupaya mendongkrak dan memotivasi perkembangan pemuda Indonesia ke arah yang lebih positif. Terkhusus persiapan menuju pemuda Indonesia tahun 2020 yang dianugrahi keuntungan demografi berupa mendominasinya struktur penduduk usia produktif nasional.

Imam Nahrawi menegaskan akan pentingnya para pemuda dalam menghadapi tantangan era digitalisasi yang tengah panas-panasnya saat ini. Berbagai informasi tanpa dikotomi antara unsur positif dan negatif dengan mudahnya diakses dan disebar luaskan. Peran pemerintah daerah sangat krusial dalam membentuk dan menggembleng generasi emasnya untuk siap berprestasi dala dunia digial bukan sebaliknya menjadi oknum penyebar kebencian atau sampah masyarakat lainnya.

Adanya track bagi pemuda untuk finish dalam pencapaian yang positif tentu akan mengurangi angka kriminalitas serta dapat mengkreasikan daya nalar generasi emas yang bukanlah sebuah kenisbian belaka. Pemuda adalah tulang punggung suau negara, bila pondasinya kuat niscaya negaranya akan kuat dan siap bersaing dalam kerasnya perkembangan zaman.