4 Tips Murah Belanja di Banda Aceh

0
Source: bsbmadani.bandaacehkota.go.id

Belanja adalah suatu kegiatan menarik dan menyenangkan terkhusus bagi wanita. Coba survei, wanita pada umumnya memiliki fisik dan tenaga lebih lemah dari pria, namun apabila sudah urusan mengenai belanja (shoping), mereka mampu berputar-putar keliling kota hanya dengan berjalan kaki. Ini mengindikasi bahwa minat belanja ternyata memicu andrenalin wanita sehingga lebih bertenaga berjalan kaki kesana-kemari dibanding lelaki.

Babda Aceh merupakan kota yang sudah banyak menyediakan fasilitas berbelanja. Mulai dari produk berkualitas hingga merek harga miring bisa ditemukan dengan mudah. Bagi anda pemburu harga murah, mungkin kiat-kiat ini patut dicoba untuk menghemat budget belanja tentunya.

1. Memahami Pasar Harga

Memahami pasar harga adalah skill yang mesti dimiliki oleh peminat shoping. Bagai mana kita mengetahui suatu produk mahal atau murah jika tidak tahu pasaran harganya? Dengan mengenal pasar harga, kita bisa terhindar dari pelonjakan kenaikan harga oleh pedagang. Pasar harga dapat diketahui dengan membandingkan produk yang sama dibeberapa tempat. Dengan mengrahui pasar harga, kita bisa belanja lebih murah tanpa dimanipulasi  harga yang seharusnya.

2. Waspadai Diskon Palsu

Diskon dipahami sebagai potongan harga karena beberapa alasan dan kondisi tetentu. Ini tentu akan sangat menarik minat para pembeli terkhusus para wanita yang gemar menunggu diskon diberbagai waktu dan kesempatan. Akan tetapi, pembeli harus waspada terhadap maraknya diskon palsu yang tengah beredar. Diskon palsu adalah potongan harga yang dilakukan penjual setelah menaikkan harga dasar barang diatas pasar harga yang seharusnya.

Sebagai contoh; Jika ada produk yang seharusnya seharga Rp.50.000,- penjual akan menaikkan harga menjadi Rp.100.000,- dengan pencantuman diskon 50%. Inilah yang disebut diskon palsu namun kerap memikat hati pelanggan. Untuk mengantisipasinya, dibutuhkan poin 1 diatas yakni mengetahui pasar harga.

3. Mengetahui Kode Produk

Cara mudah berbelanja murah adalah dengan mengtahui batasan harga termurah yang diambil pedagang. Dengan begitu kita bisa bernegosiasi diambang batas teraebut. Percaya atau tidak, dari pada kita batal membeli, pedagang lebih memilih barang terjual dengan untung tipis.

Lantas bagaimana mengetahui modal penjual? Ternyata poin no.1 diatas tetap bisa digunakan. Selain itu, lebih sederhana lagi adalah mengetahui kode batasan harga barang. Dibeberapa pedagang Banda Aceh, ada yang memberikan kode khusus pada tiap-tiap barang. Kode tersebut biasanya tertulis 2x dari harga modal barang. Sebagai contoh, jika ada sebuah sepatu dengan harga Rp.300.000,- biasanya kode yang diberikan adalah 400j, atau 400b dan lainnya. Itu berarti setengah dari 400 adalah modalnya, dengan begitu anda bisa menawar dengan harga Ro.210.000,- atau pergi ke toko lain.

4. Mengelabui Penjual

Perlu digaris bawahi, mengelabui disini bukan berarti menipu dengan cara kotor atau yang dilarang hukum dan agama. Maksudnya, mengelabui disini adalah bentuk strategi kita dalam membeli dan menawar suatu barang. Jika kita tertarik dengan benda (A), maka jangan tunjukkan ketertarikan itu pada penjual. Carilah barang lain yang sejenis, (B) misalnya. Diskusikan dan negosiasi benda (B) seolah kita mati-matian menginginkannya. Biasanya jika penjual melihat kita begitu tertarik, iapun akan bersikeras mempertahankan harga tinggibarang (B). Disaat itulah kita mengalihkan pembicaraan ke target sebenarnya, barang (A). Biasanya akan lebih mudah dan murah jika ia tak tahu bahwa itu benda yang kita minati.