Benarkah Kota Meulaboh Sudah Berumur 429 Tahun?

0
Source: klikkabar.com

Bagi warga Aceh, siapa yang tidak kenal dengan Kota Meulaboh selaku daerah yang penuh budaya dan bentang alam yang sensasional. DIbalik itu semua, ternyata Kota Meulaboh sudah tergolong sangat tua yakni berusia 429 tahun sejak naik tahtanya Sultan Alaidin Riayat Syah.

Menurut Wakil Bupati Aceh Barat, Banta Puteh Syam, Sultan Alaidin yang bergelar Sayyid Al Mukammil merupakan titik awal dasar penentuan hari jadi Kota Meulaboh yakni pada tanggal 11 Oktober 1588. Bahkan pihak pemda setempat baru saja menggelar HUT Kota Meulaboh yang ke 429 tersebut di pusat Kantor Bupati Aceh Barat.

Dengan usia Kota Meulaboh yang bersejarah, pihak pimpinan daerah setempat berharap realitas tersebut dapat menjadi suplemen pendukung dan motivasi peningkatan kinerja bagi setiap oknum agar menjadikan Meulaboh sebagai daerah yang lebih baik lagi.

Sejarah telah mencatat bahwa Meulaboh merupakan daerah yang penuh dengan variasi pristiwa bersejarah. Meulaboh bukan hanya sebuah nama dari salah satu kabupaten yang ada di provinsi Aceh, lebih dari itu, jika dikaji lebih mendalam akan banyak ditemukan nilai luhur, cerita rakyat, bahkan peninggalan sejarah yang menjadi ciri khas ke-Acehan.