Berpetualang Menuju Indahnya Air Terjun Peucari, Aceh Besar

0
Source: asaikalale.blogspot.com

Aceh ternyata selain dikenal dengan khas religinya juga memiliki bentang alam yang masih asri dan indah permai. Salah satunya adalah Air Terjun Peucari yang masih belum banyak diketahui orang. Hal tersebut tak terlepas dari kondisi rute perjalanan yang menembus bukit dan belantara hutan.

Air Terjun Peucari berjarak sekitar 60 kilometer atau 1 jam perjalanan menggunakan mobil ke arah selatan dari Banda Aceh. Tepatnya terletak di tengah hutan Jantho, sekitar 10 kilometer ke Gampong (Kampung) Bueng, Kecamatan Jantho, yang menjadi pintu masuk ke lokasi air terjun.

Berhubung lokasi air terjun di dalam hutan dan jauh dari perkampungan, membuat warga setempat mewajibkan pengunjung untuk didampingi masyarakat sekitar. Prosedurnya, sebelum menuju ke Air Terjun Peucari, pengunjung wajib melapor terlebih dahulu kepada kelompok pemuda setempat.

Hal tersebut bertujuan menjaga daerah mereka terhindar dari perbuatan maksiat atau mencegah agar pengunjung tidak tersesat. Biasanya para pengunjung dikenakan biaya Rp.20.000,- per jiwa atau Rp.200.000,- perkelompok sesaat akan memasuki kawasan wisata.

Dalam perjalanan, pengunjung akan dihadapi dengan uniknya tantangan berjalan melawan arus sungai Jantho. Ini ditemukan setelah pengunjung berjalan kaki sekitar 2 jam dari Gampong Beung ke relung hutan.

Setelah melewati sungai, bebatuan, dan hijaunya hutan Jantho, sekitar 50 meter melewati tanjakan, tibalah pengunjung di hadapan air terjun yang ditandai asrinya rintikan suara air. Pengunjung pun akan melihat air terjun yang bertingkat-tingkat. Itulah Air Terjun Peucari yang masih sejuk dan memukau hati.