Bila Vegetarian Membuat Sehat, Mengapa Islam Non-Vegetarian?

0
Source: maicih.com

Dalam Islam, tidak ada anjuran atau larangan bagi seorang muslim untuk menjadi seorang vegetarian atau bukan. Itu berarti, kaum muslimin boleh-boleh saja menjadi seorang vegetarian murni. Akan tetapi, jika nonvegetarian diklaim sebagai makanan tidak sehat, itu merupakan kekeliruan besar. Silahkan uji secara medis, makanan nonvegetarian adalah sumber protein yang baik dan tinggi. Ia mengandung Vitamin B1, Zat Besi, dan Niasin. Bahkan daging mengandung 8 Asam Amino pokok (Protein Biologis Komplet) yang tidak dapat diperoleh tubuh selain dengan mengkonsumsi makanan.

Jika makanan nonvegetarian tidak sehat, tentu Al-Quran akan mengharamkannya. Allah berfirman;

"...dihalalkan bagimu binatang ternak kecuali yang akan dibacakan kepadamu." (QS. Almaidah : 1)

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum bagi kamu, kami memberikan minum kamu dari air susu yang ada diperutnya, dan juga pada binatang ternak itu terdapat banyak manfaat untuk kamu, dan sebagian darinya (untuk) kamu makan.” (QS. almukminun: 21)

Masih banyak teks  Al-Quran yang bukan mengharamkan makanan vegetarian namun justru menghalalkannya.

Jadi istilah Vegetarian menunjang kesehatan ternyata dalam bentuk 'khusus'. Maksudnya diperuntukkan bagi oknum-oknum yang secara medis berresiko jika mengkonsumsi daging. Sementara secara umum atau keseluruhan, nonvegetarian lebih baik bagi kesehatan dan menunjang pertumbuhan.????