Brayeun: Si Bendungan Kaki Gunung di Aceh Besar

0
Source: acehdesain.files.wordpress.com

Masih di seputaran Aceh Besar. Jika anda menyukai tempat-tempat wisata yang udara nya segar  dan sejuk, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini. Tempat  ini juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Nama tempat wisata itu adalah Brayeun, sekilas dari pengucapan mengingat nama pemain basket profesional asal Amerika, KOBE BRYANT ya? agak mirip-mirip gitu. 

Nah Brayeun sendiri merupakan sebuah lembah yang dibatasi oleh bendungan sehingga membentuk seperti sebuah kolam yang sangat eksotis, bentangan irigasi atau bendungan yang dibuat pada aliran sungai ini berkisar lebih kurang 20 meter lebarnya. Kedalaman air pada tepian bendungan jika kondisi normal lebih kurang di atas lulut orang dewasa atau 50 cm. Dan bagian yang lebih menjorok ke dalam bisa memiliki kedalaman yang berbeda-beda mulai dari setinggi pingggang, sedada hingga melewati kepala orang dewasa. Pada musim penghujan, kedalamannya tepian bendungan bisa mencapat 1 meter. Di dalam bendungan inilah mayoritas pengunjung banyak menghabiskan waktunya untuk mandi, berfoto ria atau bahkan menikmati kesejukan airnya saja. Namun demikian, selain bermain dan mandi di dalam bendungan, pengunjung juga banyak menghabiskan waktunya di bawah bendungan dengan panorama bebatuan sungai besar dengan kedalaman yang lebih rendah dan tentunya dengan aliran air yang lebih kecil.

Di sekeliling bendungan Brayeung, warga Desa Leupung mendirikan sarana prasarana tempat beristirahat, tempat duduk atau makan bagi pengunjung. Warga di sana juga mebuat kios-kios kecil sebagai tempat untuk menjajakan minuman seperti kopi, teh, softdrink, dan makanan kecil seperti snack, pisang goreng dan lain sebagainya. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir jika pergi dari rumah tidak membawa bekal apapun. Karena di tempat ini juga sama dengan tempat wisata yang lain pada umumnya yang sudah menyediakan kalo soal pengisian perut yang kosong dengan harga yang cukup ekonomis.

Brayeun dapat dikatagorikan sebagai salah satu tempat wisata baru yang memiliki daya tarik tinggi sehingga paling diminati oleh para wisatawan. Lokasi wisata ini terletak di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, atau lebih kurang 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh (2,5 Km dari Kantor Polsek Leupung). Sebelum sampai tempat wisata ini, kita dapat menikmati indahnya pemandangan laut Lhoknga yang memukau, serta pemandangan Gunung yang memukau dikiri dan kanan sepanjang jalan yang kita lalui.

Pada saat menuju tujuan, akses menuju BRAYEUN sudah memadai, seluruh jalan masuk kawasan tersebut sudah teraspal dengan mulus. Biaya masuk ke area Wisata tergolong murah, yaitu Rp.3.000,-/ Orang.

Walaupun ini tergolong hutan, kalo untuk urusan parkir memarkir anda tidak perlu susah-susah mencari tempat parkir kendaraan, warga  sekitar telah menyediakan tempat parkir dilahan mereka dengan biaya: sepeda motor Rp 2.000  dan mobil Rp 10.000 dan insya allah kendaraan anda aman, tapi jangan lupa dikunci dan memberikan tambahan pengaman yang lain juga ya. Karena jangankan di hutan di kota aja bisa hilang betul gak?

Di tempat wisata Brayeun pengunjung dapat menikmati segar dan dinginnya air saat membasahi tubuh. Di sini juga terdapat berbagai fasilitas seperti perahu bebek, perahu karet ukuran besar maupun kecil, dan juga ban bagi yang kurang ahli dalam berenang tapi mau ikut-ikutan nyempling ke air. 

So jika kalian penasaran akan tempat ini, tunggu apalagi, sempatkan diri kalian untuk berkunjung ke tempat ini.