Bukan Bergek, Ternyata Ini Penyanyi Aceh yang Paling Populer Saat Ini

0
Source: seuramoejuanda.blogspot.co.id

Beberapa dekade terakhir, Aceh sudah memiliki perkembangan pesat dibidang tarik suara. Tidak hanya eksis dalam menyanyikan lagu orang lain, beragam penyanyi Aceh juga banyak yang sudah merilis lagu identitas mereka sendiri sebagai etnis Aceh yang memukau pendengarnya. Aktifnya para penyanyi Aceh saat ini tentu memiliki daya tarik sendiri bagi para penggemarnya, berikut 5 penyanyi Aceh yang tengah populer saat ini;

5. Apache 13

Apache 13 bukanlah nama seorang vokalis secara individu, melainkan adalah nama group band yang terdiri dari Nazar Shah Alam (vokal), Ikram (perkusi), Amek (gitar), Teuku Munawar (lead gitar), dan Dharma Putra (Bass). Apache 13 sendiri memang tergolong grup musik yang baru lahir di Aceh, namun kiprah mereka melalui lagu-lagunya yang eksotis menjadikan mereka sangat diminati khususnya oleh kaum pemuda.

Hingga saat ini, Apache 13 telah merilis proses rekaman album pertama mereka dibawah manajemen IMMusic dan Tanda Seru Production. Pada album tersebut terdapat 10 buah lagu, yang paling hits sejauh ini dan populer dikalangan masyarakat Aceh adalah lagu yang berjudul “Bek Panik”.

4. Liza Aulia

Penyanyi yang satu ini memiliki identitas ke-Acehan yang menarik baik dalam lirik suaranya maupun gerak tariannya. Wanita yang Lahir di Banda Aceh 15 November 1986 ini sukses melambungkan namanya dalam dunia seni dan tarik suara di seluruh Banda Aceh, bahkan sosoknya yang sederhana namun memukau juga kerap dikenal hingga ke pelososk tanah air.

Album perdana Liza Aulia yang berjudul Kutidhieng terbukti sukses dan meledak di pasaran. Lagu ini secara substansial merupakan kreasi yang diangkat dari mantra menjinakkan harimau di Aceh. Tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang menyiratkan pesan magis dan tradisi tempo dulu di negri tanah rencong.

Bakanya memang tidak hanya dalam bidang tarik suara saja, selain penari yang ulung ia juga berbakat dalam bermain peran, salah satunya adalah prestasi Liza Aulia sebagai pemeran terbaik dalam film Serambi yang turut mempopulerkan namanya.

3. Rafly

Sejatinya Rafly merupakan salah seorang penyanyi yang sudah lama eksis di kancah seni tarik suara di Aceh. Penyanyi yang satu ini bukan hanya dikenal secara lokal bahkan namanya dikenal baik secara nasional. Salah satunya yang paling populer adalah lagu-lagunya yang menjadi behind song berbagai media pada cuplikan dan tayangan gempa dan tsunami silam.

Namun untuk saat ini, kendatipun lagu-lagu Rafly masih bersaing dalam bursa musik tanah rencong, popularitas musiknya tidak mengundang daya tarik sebesar lagu-lagunya terdahulu, mungkin salah penyebabnya adalah kesibukan Rafly yang saat ini tengah menjabat sebagai salah satu DPD-RI asal Aceh.

 

2. Bergek

Bisa dikatakan, penikmat musik Aceh saat ini tengah dihebohkan oleh boomingnya lagu-lagu bergek yang nyentrik dan menghibur. Daya tarik tidak hanya suara dan musiknya yang sering berarus irama India, melainkan juga karakter dan perannya yang lucu menjadikannya sangat populer dan diminati.

Fenomena  kesuksesan bergek merupakan refleksi betapa suksenya Bergek di kancah musik lokal “Aceh”. Lagunya yang unik telah menjadi iringan ringan yang mudah diterima oleh banyak orang. Belum lagi intensitas lagu-lagunya yang selau konsisten dengan rilisan terbaru menjadikannya melampaui para penynyi lokal lainnya.

Adapun lagu-lagunya yang paling hits saat ini adalah; Dumpue Na, Boh Hate, Dikit Dikit, Suet Bajei Jih blau, Gaseh Kaleukang, Aneuk Dadu, Limong Dara, Aneuk Dadu, Gitu Gitu, Cinta Ka Meuli, Gitu Gitu, Male Male, Ketulusan, Aku Memang Hana, Meurina Cinta dan masih lagi.

1.Virzha

Secara lokal, Bergek merupakan penyanyi yang paling populer di Aceh, namun jika basiknya diperluas, maka Virzha lebih layak menjadi penyanyi asal Aceh yang paling memiliki banyak penggemar untuk saat ini. Alasannya karena Virzha bukan hanya populer di Aceh melainkan di bursa musik tanah air kita, Indonesia. Virzha atau yang bernama lengkap Di Muhammad Devirzha adalah seorang penyanyi asal Aceh yang memperoleh juara ketiga dalam ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kedelapan pada tahun 2014 silam.

Sebelum mengikuti Indonesian Idol, Virzha merupakan seorang vokalis di sebuah grup musik indie kota Medan bernama Hoppipolla pada tahun 2006–2008. Ia juga direkrut oleh penyanyi kondang Ahmad Dhani sebagai pengganti Judika dengan grup band yang bernama Maha Dewa.

Lagunya yang paling populer adalah Single Aku Lelakimu yang juga sempat menduduki posisi jawara sebanyak 5 kali berturut-turut di MNC Music Channel pada Desember 2014. Virzha berhasil menyabet penghargaan sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terdahsyat di ajang Dahsyatnya Awards 2015. Ini untuk pertama kalinya Virzha meraih supremasi untuk ajang penghargaan di dunia pertelevisian yang menjadikannya begitu populer tidak hanya di Aceh.