Cukupkah Menghargai Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan dengan Upacara dan Do'a Saja?

0
Source: dindinadiena.blogspot.com

Kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan jalan yang sukar belukar oleh para pahlawan. Tidak sedikit mereka menghabiskan tenaga, keringat, dan nyawa hanya untuk memperoleh keadaan bebas dari penjajah seperti yang masyarakat Indonesia rasakan saat ini. Demi mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan, setiap hari senin ketika upacara bendera atau setiap 17 Agustus dilakukan do'a untuk para pahlawan dengan keyakinan masing-masing. Pertanyaanya, apakah itu sudah cukup membalas segala jasa para pahlawan?

Tentu saja tidak, lebih dari sekedar do'a dan peringatan kemerdekaan harus diimplementasikan oleh warga Indonesia. Salah satunya adalah dengan berupaya menjadikan Indonesia lebih baik, lebih maju, dan lebih bermartabat di mata dunia. Semua kalangan seharusnya dibebankan dengan PR besar ini sehingga apa yang diperjuangkan bahkan penderitaan  para pahlawan dapat lebih bermakna dan tidak sia-sia. Peringatan Kemerdekaan Indonesia hendaknya juga menjadi alasan bahwa Indonesia harus bersatu bukan bercerai berai dan saling menjatuhkan seperti yang tengah melanda dinamika perpolitikan Indonesia saat ini.

Nilai-nilai persatuan telah diwujudkan dan dicontohkan oleh para pahlawan pada masa silam, tanpa bersatu kemerdekaan yang susah payah didapatkan tidak mungkin bisa terlaksana. Begiu juga saat ini, bila ingin maju dan berjaya, Indonesia harus bersatu padu agar pengorbanan para pahlawan dapat dirasakan dengan penuh kesadaran.