Danau Laut Tawar: Keindahan Danau Terbesar di Provinsi Aceh

0
Source: telusurindonesia.com

Di Aceh juga terdapat danau yang sangat luas, bisa dikatakan danau ini adalah danau yang terbesar di Provinsi Aceh. Danau ini pun sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia maupun Mancanegara. Nama danau ini adalah Danau Laut Tawar. 

Danau Laut Tawar ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Di sisi barat danau ini terdapat kota Takengon, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Danau ini mempunyai Luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Suku Gayo yang mendiami daerah tersebut menyebut danau ini dengan sebutan Danau Laut Tawar. Kenapa ya danau ini diberi nama dengan laut Tawar? menurut berbagai informasi yang ada, Danau Laut Tawar ini disebut dengan nama Laut karena wilayah perairan danau ini sangat luas bagaikan laut yang ditutupi dengan pulau. Kalo Tawar, sudah jelaskan karena air yang berada di danau ini merupakan air tawar. Danau Laut Tawar sangatlah vital karena selain sebagai tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara, juga digunakan sebagai sumber air bagi Kabupaten Aceh Tengah dan beberapa kabupaten lain di sekitarnya.

Objek wisata ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Aceh karena danau ini yang terbesar di Provinsi Aceh. Di tempat ini juga terdapat satu spesies ikan yang hanya terdapat di Danau Laut Tawar ini masyarakat setempat menyebut nama ikan itu adalah Ikan Depik, bentuknya hampir mirip ikan teri, bersisik putih, dengan ukuran sebesar jari tangan. Yang menariknya ikan ini juga mempunyai sebuah cerita yang sudah turun temurun ke masyarakat setempat, yang konon depik berasal dari butiran nasi yang dibuang ke danau pada zaman dahulu. Ia akan muncul ke permukaan pada musim tertentu, khususnya pada saat musim hujan. Sebelum musim tiba, gerombolan depik bersembunyi di selatan danau, di kaki Gunung Bur Kelieten. Depik merupakan sebuah anugerah Tuhan kepada masyarakat Gayo, meski terus-menerus dikonsumsi, ia tidak pernah habis.

Panorama di sekitar Danau Laut Tawar yang diapit oleh dua buah bukit ini menyajikan keindahan tersendiri bagi yang berkunjung ke tempat ini. Di sini juga kerap dijadikan tempat berbagai festival dan juga berbagai macam kegiatan seperti kompetisi bersepeda, pentas seni, pameran foto, lomba perahu, lomba maraton. Di lokasi ini para wisatawan juga dapat melihat aktivitas masyarakat sehari-hari yaitu bercocok tanam dan memancing. Suatu aktivitas yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitar danau. Komoditi unggulan yang ditanam di dataran tinggi Gayo antara lain, adalah kopi Gayo (kopi arabika) yang sangat terkenal di Jepang, kentang, markisa, tomat, cabe, jagung, dan sayur-sayuran lainnya. Hasil komoditi perkebunan yang cukup terkenal adalah jeruk keprok Gayo dan alpukat.

jika ingin ke Takengon sebaiknya melalui Kota Bireun karena di sana terdapat sebuah terminal kecil tempat mangkal angkutan elf yang khusus ke Takengon. Lamanya perjalanan kurang lebih sekitar 5 jam. Selain dari Bireun, jalan alternatif menuju Takengon dapat juga ditempuh melalui Blang Kejeren dan Kutacane. Untuk berwisata ke tempat wisata Danau Laut Tawar ini tidak diberlakukan harga tiket masuk alias gratis. Tempat wisata Danau Laut Tawar juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat penginapan-penginapan bagi para wisatawan yang ingin bermalam di sekitar danau, kemudian terdapat juga boat-boat yang siap disewa untuk mengantarkan para wisatawan untuk mengelilingi danau.