Fakta Unik Danau Laut Tawar Takengon yang Menarik untuk Diketahui

0
Source: pictastar.com

Di dataran tinggi Gayo, kabupaten Aceh Tengah terdapat salah satu bentang alam yang memukau dan memiliki nilai wisata yang mempesona yakni Danau Laut Tawar. Penamaan danau tersebut terispirasi oleh karakteristik danau yang secara fisik memiliki luas seperti laut namun memuat sumber air yang tidak asin (tawar).

Banyak mitos dan legenda yang mewarnai asal-usul terjadinya danau indah tersebut. Terlepas dari cerita rakyat tersebut ternyata secara saintis Danau Laut Tawar memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui, diantaaranya;

Pertama, danau tersebut merupakat salah satu sumber air tawar terbesar di Aceh dengan volume sekitar 2,5 triliu liter. Ini merupakan aset penting yang menjamin warga Aceh Tengah bahwa mereka tidak perlu khawatir akan kurangnya sumber air walau dalam musim kemarau Panjang sekalipun.

Kedua, danau Laut Tawar merupakat pusat bermuaranya 25 aliran sungai di Aceh Tengah. Dengan luas sekitar 5 ribu hektar dan Panjang 17 km serta lebar sekitar 3 km.

Ketiga, memiliki suhu dan kedalaman yang beragam. Disekitar pinggir danau tepatnya 35 meter dari daratan rata-rata kedalaman airnya sekitar 8,9 meter. Sedangkan di jarak 100 meter dari pinggir danau, kedalamannya bias mencapai 20 meter. Tingkat area paling dalam danau laut tawar berada di angka 50 meter berlokasi sekitar 600 meter dari tepi danau. Suhu airnya terbilang sangat sejuk dan beragam, jika dirata-ratakan berkisar 20 °C.

Keempat, di sekitar danau memiliki aset fauna yang langka dan dilindungi seperti Rusa, Kijang, pukas, landak, binturung, trenggiling, landak, kancil, napu, owa, siamang, kucing hutan, dan lain-lain.Sedangkan floranya kerap ditumbuhi eceng gondok dan kiambang yang menutupi sebagian perairan tepi danau.