Fakta Unik Seputar Warga Aceh yang Merakit Helikopter dari Mesin Mobil

0
Source: nanggroeaceh.net

Baru-baru ini, Aceh kembali menjadi sorotan media nasional dengan viralnya video dan berita tentang warga pedalaman Aceh yang merakit helikopter dari mesin mobil. Kendatipun hasil yang dicapai belum maksimal, ini menjadi indikasi bahwa para warga Aceh memiliki kreativitas dan inovasi yang tak kalah dengan daerah maju lainnya.

Ada berbagai fakta unik dan menarik dari fenomena perakitan helikopter tersebut, diantaranya;

Pertama, Perakitan helikopter dilakukan oleh seorang pemuda yang secara akademis tidak memiliki basic dalam pendidikan yang berkaitan dalam memodifikasi mesin. Nasriadi hanya seorang lulusan SMP yang terispirasi dari video youtube yang dilihatnya melalui jaringan internet.

Kedua, selain tidak memiliki latar pendidikan yang mendukung, Nasriadi merupakan salah seorang warga yang berasal dari daerah pedalaman Aceh yang secara literatur jauh dari pola fikir modernis yang mampu menciptakan sebuah helikopter. Nasriadi berdomisili di Gampong Dayah Meunara, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Ketiga, sebagaimana pola pendidikan di Aceh yang didominasi oleh sistem Dayah, begitu pula dengan Nasriadi yang tidak sungkan memberikan identitas tersebut dengan nama NSG-01 DY yang bermakna; “Nasir Sigli Pertama di Dayah.”

Keempat, helikopter bermesin mobil. Merupakan daya tarik paling magis yang menjadi aspek pembeda antara Nasriadi dengan para perakit helikopter lainnya di Indonesia. Heli yang secara fisik masih berupa kerangka besi tersebut, dibuat menggunakan  mesin mobil Suzuki Carry.

Kelima, helikopter belum memiliki hasil maksimal dalam uji terbang perdananya. Ada media yang mengatakan mampu terbang setinggi 1 meter, dan adapula yang mengatakan hanya terbang setinggi 40 cm. Terlepas dari pada itu, sosok Nasriadi patut diapresiasi atas kegigihannya menggapai cita-citanya walau jurang pendidikan memisahkannya begitu dalam.