Puncak Kuta Malaka Itu Mengagumkan, Tetapi Kamu Harus Hati-Hati Menuju Ke Sana

0
Source: sagacitymedan.files.wordpress.com

Bagi kamu yang suka tantangan, tidak salahnya mencoba mendaki ke puncak Bukit Kuta Malaka. Di lokasi ini kamu akan disuguhi pemandangan alam indah yang terbentang luas, serta hamparan Bukit Barisan yang berundak-undak.

Puncak Bukit Barisan berada di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya sekitar 30 Km dari pusat Kota Banda Aceh. Sedikit saran, jika kamu menuju ke tempat ini gunakan mobil double gardan agar memudahkan kamu melewati jalan terjal. Tapi kelelahan ini akan dibayar dengan segala keindahan alam yang mampu merilekskan matamu.

Sesampai di simpang Desa Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, akan tampak jalan raya dua jalur yang panjangnya sekitar 100 meter. Dulunya kawasan ini direncanakan menjadi ibu kota Aceh Besar. tetapi entah kenapa rencana tersebut belum terwujud.

Setelah melewati Desa Lam Ara kurang lebih 1 Km, kamu akan merasakan perjalanan sesungguhnya. Jalan sejauh 5 Km menuju puncak Kuta Malaka masih berlapis tanah merah. Bila tidak hujan debu akan berserakan dan jika hujan jalan menjadi becek. Ini menyulitkan siapa saja yang ingin melewatinya. Maka itu, kamu harus menggunakan kendaraan yang mampu menerobos medan berat.

Sebelum sampai ke puncak, terlebih dahulu kamu harus melewati empat anak sungai yang terhubung langsung dengan air terjun yang ada di puncak. Anak sungai yang harus kamu lintasi rata-rata sedalam 30 Cm sehingga tidak terlalu membahayakan. Setelah melewati beberapa anak sungai, kamu akan menjumpai pintu gerbang menuju ke puncak. Di sini ada sejumlah petugas yang berjaga-jaga dan menjual tiket masuk. Kamu cukup membayar Rp. 10.000 per orang untuk menuju ke pucak.

Sebelum mendekati puncak Kuta Malaka, kamu harus berhati-hati sebab jalanan semakin menanjak dan berkelok-kelok. Terlebih lagi jika hujan, jalan yang masih bertanah merah akan lebih lincin dan dapat membahayakan perjalananmu. Jadi kamu harus lebih hati-hati dan waspada!

Semua kelelahan yang kamu rasakan akan terbayar saat tiba di puncak. Kamu akan disambut dengan padang rumput yang luas, bukit savana, dan barisan bukit-bukit kecil. Bukan hanya itu, kamu juga dapat rasakan angin berhembus sepoi-sepoi, suara gesekan rerumputan, serta kicauan burung-burung.

Sebelumnya, tidak ad apengunjung yang datang ke puncak Kuta Malaka. Sebab objek wisata ini dulunya berada di zona rawan konflik. Tetapi setelah tsunami dan konflik usai, pemerintah Kabupaten Aceh Besar mulai menjadikan lokasi ini sebagai salah satu destinasi wisata di Aceh Besar. Beberapa infrastruktur pendukung seperti jalan pun telah dibangun yang akan siap beberapa bulan ke depan. Ini tentu memudahkan kamu jika ingin menuju ke tempat ini.

Sudah siap ke puncak Kuta Malaka?! [fer]