Ikatan Harmonis Aceh dan Turki, Wali Kota Banda Aceh Disambut dengan Band Ottoman

0
Source: youtube.com

Aceh memang memiliki hubungan emosional yang baik dengan salah satu negara Islam di Eropa, Turki. Bukan hanya sekedar ikatan sejarah yang terukir pada masa kesultanan Aceh dan kerajaan Ottoman Turki, bahkan ketika Aceh sudah menjadi salah satu provinsi NKRI sekalipun hubungan keduanya tetap berjalan dengan harmonis.

Hal itu terbukti dari keseriusan pihak delegasi Turki yang menyambut baik kedatangan Wali Kota Banda Aceh semasa Illiza Sa'aduddin Djamal masih memimpin dengan Band Tradisional Tentara Ottoman di Kantor Walikota Odemis, Turki.

Saat itu, lliza Sa'aduddin Djamal juga merupakan ketua Asosiasi Walikota Perempuan se Asia Pacific dan Ketua Forum Komunikasi Kabupaten kota se-Aceh. Jawa Pos Group menobatkan Walikota Banda Aceh sebagai salah satu Walikota terbaik di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, kedatangan delegasi Banda Aceh dilakukan dalam rangka menggelar kerjasama terhadap beberapa kota di Turki, seperti Istanbul, Odemis, Ankara, dan Bayoglu dalam sektor strategis. Salah satunya hubungan dan ikatan Sister-City yang diakukan antara Kota Odemis dan Banda Aceh.

Berikut viedo lengkapnya;