Ingin Dapat Beasiswa ke Amerika, Kunjungi Education USA

0
Source: suasana ruangan edu usa by oz

Kabar gembira bagi anda sebagai scholarship hunter (pemburu beasiswa) untuk bisa pergi keluar negeri khususnya ke negeri "Paman Sam" (USA).  Telah hadir Education USA Center Aceh sebuah pusat informasi pendidikan tinggi dari Amerika Serikat berlokasi di Universitas  Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh  - Gedung Musium lantai 2 dengan beralamat Jln. Syekh Abdul Rauf No.  1 Darussalam, Banda Aceh.

Education USA adalah pusat jaringan informasi pendidikan tinggi Amerika Serikat yang tersebar di 170 negara di dunia termasuk indonesia. Education USA ini bernaung di bawah Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan yang langsung di Koordinir oleh kementrian luar negeri Amerika Serikat. Dengan adanya Education USA di  Aceh diharapkan semakin besar peluang ataupun kesempatan bagi siapa saja yang membutuhkan informasi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke Amerika.

Education USA hanya berada di 8 sektor di wilayah indonesia di area Sumatra hanya ada di Banda Aceh dan Medan. Alasan kenapa Education USA berada di Aceh ketimbang di wilayah lain? Ini semua karena hubungan kerjasama di sektor pendidikan antara Pemerintah Aceh, Amerika dan Universitas  Islam Negeri Ar-Raniry  berjalan cukup baik.Aceh setiap tahun-nya membuka peluang beasiswa bagi putra – putri yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri termasuk ke Amerika.

Jika berkeinginan untuk mendapatkan informasi seputar beasiswa ke Amerika, Education USA menyediakan itu untuk masyarakat Aceh. Beasiswa bisa berasal dari pemerintah Amerika sendiri ataupun beasiswa yang berasal dari pemerintah setempat ataupun pihak swasta untuk melanjutkan pendidikan, shortcourse (belajar singkat), ada juga informasi beasiswa pertukaran pelajar antar negara, dan segala macam informasi untuk mengetahui seputar informasi kampus di Amerika itu semua tersedia di modul ataupun brosur yang sudah tersedia. Education USA juga menyediakan layanan yang mencakup seluruh aspek pendidikan tinggi dari Amerika Serikat. layanan apa saja ayo kita simak berikut ini :

Konsultasi pemilihan universitas. Setiap pencari beasiswa yang ingin mengetahui informasi mengenai pemilihan kampus, proses daftar masuk universitas, dan pengurusan visa. Nah di sini akan dibantu dan diberi semacam informasi, mengenai konsultasi kampus yang cocok ataupun meminta rekomendasi kampus yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bagi pencari beasiswa.

Memberi bimbingan tentang proses aplikasi. Sama hal-nya juga, jika pencari beasiswa di pusingkan dengan proses aplikasi tentang syarat ataupun berkas apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa. Disini akan diberi bimbingan langsung mengenai proses aplikasi seperti cara mendaftar, membuat berkas dalam bahasa inggris ataupun acuan dalam mempersiapkan berkas yang akan diajukan.

Pencarian beasiswa. Jika pencari beasiswa ingin melanjutkan pendididkan ke amerika S1, S2 dan S3 ataupun ikut pertukaran, dan hal apapun yang berkaitan dengan beasiswa. Disini akan di bimbing juga dibantu mendapatkan informasi beasiswa secara objektif, yang mana informasi tersebut memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang di miliki oleh pencari beasiswa.

Informasi visa murid. Visa merupakan dokumen penting bagi warga negara asing  yang ingin pergi keluar negeri dan sebagai tanda izin masuk ke suatu negara. Disini akan di bimbing apa saja yang harus dipersiapkan dalam mengurus visa seperti persyaratan bagi pelajar untuk mengurus visa, mendapatkan formulir permohonan, harus adanya paspor dahulu, rekomendasi tempat pembuatan visa, dan membuat appointment (surat rujukan).

Sesi orientasi menjelang keberangkatan ke Amerika Serikat. Setelah pengurusan visa selesai dan mendapat izin dari kantor kedutaan, ada yang namanya predicpation orientation yaitu orientasi sebelum keberangkatan disini bagi yang telah berhasil mendapat beasiswa akan diberikan informasi seputar negara tujuan yang anda kunjungi, perlengkapan apa saja yang di siapkan, dan segala macam informasi seputar keberangkatan nantinya.

Pihak Education USA Bisa dikatakan akan membimbing dari awal proses sampai akhir. Seperti proses pencarian beasiswa sampai proses  keberangkatan ke Amerika. jika ia memang benar berminat untuk pergi ke Amerika apapun itu  tidak harus beasiswa contohnya melanjutkan pendididkan, ikut konferensi international, pertukaran, shortcourse, dan lain - lain.

Selain layanan – layanan diatas pusat informasi Education USA juga dilengkapi dengan buku – buku TOEFL, IELTS, dan penunjang lainnya. untuk membantu anda para calon penerima beasiswa nantinya untuk bisa mempersiapkan diri mengikuti tes yang diwajibkan dalam proses tahapan menerima beasiswa seperti menulis essai untuk pendaftaran, memilih kampus dan jurusan dan lain - lain.

Education USA juga bisa menjadi Home base (sebagai wadah) bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa inggris bersama teman dengan membentuk kelompok belajar dan kelompok diskusi dan di sisni banyak juga buku – buku tentang Amerika seperti buku sejarah, sejarah islam di Amerika, dan kampus terkemuka di Amerika.

Ada juga fasilitas penunjang lainnya disini yaitu tersedia jaringan internet (wifi) dan komputer yang bisa digunakan untuk melakukan survey dan mencari tahu seputar universitas di amerika dan tersedia  ruang baca dan ruang belajar beserta menggunakan AC.

Selain sebagai pusat informasi, Education USA juga sering mengadakan sesi pendampingan, ketika proses applikasi bagi calon penerima beasiswa sesuia tema seperti membuat essai dalam bahasa inggris dan membuat CV yang baik.

Education USA pernah mengadakan sosialisasi pendidikan seperti memberikan informasi seputar perkuliahan di Amerika beserta informasi beasiswa kepada institusi terkait yaitu di sekohah - sekolah umum, dan universitas lainnya. untuk itu segera penuhi kebutuhan informasi seputar beasiswa terhadap diri mu disini, karna kesempatan itu tidak datang untuk kedua kali.

Untuk mengikuti informasi lebih lanjut dari Education USA bisa di ikuti beberapa akun media  sosial berikut ini : Web: educationUSA.or.id, facebook: edUSA indonesia, twitter: @ edUSAindonesia