Ini Tips Paling Ampuh Agar Lulus di PNS 2017

0
Source: liputan6.com

Pegawai Negri Sipil atau yang sering dikenal sebagai PNS merupakan lowongan pekerjaan yang diminati puluhan ribu masyarakat Indonesia. Minimnya lapangan pekerjaan yang ada ditambah upaya memperoleh jaminan hidup menjadikan lowongan PNS begitu marak memunculkan minat pelamar. Dengan banyaknya pelamar, tentu persaingan semakin ketat dan sulit. Berikut tips dan trik agar bisa lulus PNS 2017.

1. Memilih Formasi yang Tepat

Pada lowongan PNS kali ini, sudah lebih dari 10 enteri membuka penerimaan PNS, yang mana disetiap enteri memiliki berbagai quota yang totalnya lebih dari 1.000 orang lowongan. Agar bisa lulus, tentu pelamar harus mempersiapkan berkas dan persyaratan administrasi sebagai langkah awal diizinkannya berpartisipasi dalam test. Agar lulus pada tahab ini, pelamar sebaiknya bijaksana dalam memilih formasi yang sesuai dengan ijazah keilmuan terdaftar. Disarankan untuk memilih formasi dengan quota penerimaan terbanyak dan memiliki daya saing yang lebih ringan dari formasi lainnya.

2. Belajar Sistem CAT

Computer Asisten Test atau yang dikenal dengan CAT merupakan model tes PNS 2017 yang harus dipahami oleh para pelamar untuk lulus pada sesi TKD (tes kemampuan dasar). Walaupun sesaat mengikuti ujian nantinya akan dijelaskan menenai tata cara penggunaan aplikasi tersebut, namun tidaklah efektif mengingat kurangnya persiapan dan mental dalam menjalaninya. Disarankan bagi para pelamar PNS untuk memahami dan melakukan tes berulang-ulang menggunakan mesin CAT. Tidak hanya itu, selain memahami metode aplikasi tersebut, pembelajaran menggunakan mesin CAT dipercaya dapat membuat pelamar lebih mudah dalam memahami dan meningkatkan kemampuan dasar mereka. Aplikasi ini dijual diberbagai komunitas online dengan harga ratus ribuan. Jika menurut anda mahal, maka dapat membelinya dengan cara patungan bersama teman-teman lainnya. Sebab, jika sudah membelinya aplikasi ini dapat di kopi melalui flasdish untuk digunakan pada kompter masing-masing.

3. Persiapkan Mentor

Dalam aplikasi CAT yang dibeli, pelamar tidak perlu repot-repot membuka buku atau membaca berbagai buku lainnya sebab sudah tersedia pada aplikasi tersebut. Didalamnya terdapat tata cara penggunaan bahkan materi yang perlu dibaca ketika memiliki soal yang sulit pada lembaran tes. Masalah selanjutnya adalah kemampuan pelamar yang dituntut dapat memahami materi yang diujiankan dalam mesin CAT.

Disarankan bagi pelamar, untuk memahami kelemahan diri sendiri dan mengontrak mentor atau guru les agar dapat menutupi kekurangan tersebut. Tidak ada salahnya sedikti menghabiskan biaya dan anggaran untuk suatu pekerjaan yang dianggap dapat menjamin kehidupan berekonomi  dan berfinansial cukup, sebab peluang PNS tidak selalu ada disetiap tahun jadi sebaiknya diupayakan semaksimal mungkin dan semaksimal kemampuan.