Ismet Sofyan, Pemain Bola Asal Aceh yang Menjadi Kapten di Club Ibu Kota Negara

0
Source: goal.com

Jika ada yang mengatakan bahwa Aceh tidak memiliki sosok potensial dalam dunia olah raga tentu sebuah kesalahan besar. Ismed Sofyan contohnya, merupakan salah satu pemain sepak bola liga-1 Indonesia berdarah Aceh yang tergabung dalam squad Persija Jakarta. Bahkan, kendatipun Ismed Sofyan lahir di Aceh, tepatnya Manyak Pahet Aceh Tamiang, ia dipercaya sebagai seorang kapten kesebelasan tim pada ibu kota negara Indonesia tersebut.

Ismed Sofyan memang tak tergolong muda lagi, usianya yang telah beranjak 38 tahun merupakan fakta non-produktivitas bagi sepak bola pada umumnya. Namun kebugarannya yang masih terjaga dan segudang pengalamannya dalam membela club ataupun Timnas menjadikannya sebagai sosok yang dikagumi. Bahkan bagi Jakmania (nama seporter fanatik Persiraja), Ismed Sofyan yang bermain sebagai bek kiri dijuluki sebagai Sergio Ramos-nya Indonesia.

Selain itu, Ismed yang juga pernah membela salah satu club sepak bola Langsa juga memiliki akurasi passing dan crossing yang luar biasa. Ia juga memiliki kemampuan tendangan bebas yang mematikan sehingga sangat ditakuti penjaga gawang lawan. Adapun tim yang pernah dibelanya semasa berkiprah di dunia sepak bola di antaranya; PSBL Langsa (1997-1998), Persiraja Banda Aceh (1999-2000), Persijatim Jakarta (2001-2002), dan Persija Jakarta (2003-saat ini).

Sedangkan kiprahnya di Timnas Indonesia, Ismed Sofyan turut bepartisipasi dalam squad Indonesia U-18 (1996-1997), Indonesia U-19 (1996), Indonesia U-23 (1999-2001), Timnas seniur Indonesia (2000).