Istana Raja Seruway, Bukti Eksistensi Kerajaan Aceh Tamiang

0
Source: panoramio.com

Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten yang ada di Aceh, dimana merupakan pemekaran dari kabupaten Aceh Timur. Menurut literatur sejarah, Aceh Tamiang sebelumnya juga merupakan suatu kerajaan yang pernah mencapai puncak kejayaannya pada masa kepemimpinan Raja Muda Setia (1330 – 1366 M).

Di daerah yang komuditas aset perkebunannya didominasi oleh kelapa sawit tersebut memiliki beragam bukti fisik terkait peninggalan bersejarah kerajaannya. Salah satu diantaranya adalah istana kerajaan Raja Seruway yang menjadi aset wisata para pengunjung khusunya mereka para pecinta budaya lokal.

Istana yang memiliki ciri khas tersendiri tersebut terletak sangat jauh dari pusat kota Aceh Tamiang yakni di Desa Pekan Seruway. Kecamatan Seruway. Istana dengan motif yang jauh berbeda dengan kebanyakan aset sejarah di daerah Aceh lainnya tersebut, terbuat dari kayu Merbau yang diyakini warga sekitar memiliki daya tahan sekitar 120 tahun.

Istana Raja Seruway merupakan aset warisan kerajaan Seruway yang didirikan pada Tahun 1887M. Sebelumnya, diistana berwarna kuning hijau tersebut terdapat banyak manuskrip-manuskrip  dan barang bersejarah lainnya. Layaknya istana Kerajaan Aceh lainnya, istana tersebut juga dalam kawasan perlindungan pemerintah setempat untuk kemudian menjadi aset bersejarah Aceh Tamiang.