Jenis Soal yang Paling Sering Keluar pada Tes CPNS

0
Source: liputan6.com

Bagi para sarjana yang belum memiliki pekerjaan yang mapan, tentu  tengah disibukkan dengan lowongan PNS yang tengah hits beberapa minggu ini. Mulai dari persyaratan administrasi, formasi yang dibutuhkan, hingga persiapan tes yang tentu menegangkan menjadi buah bibir mengingat jumlah peserta bukanlah hitungan jari, melainkan ribuan bahkan puluh ribuan.

Bagi anda yang masih belum mendapat gambaran seputar soal PNS nantinya, berikut jenis soal yang sering keluar pada tes PNS khususnya pada tes kemampuan dasar (TKD).

1. Mate-matika Dasar

Berbicara soal mate-matika tentu tak akan pernah terlepas dari namanya angka-angka.  Dalam tes PNS khususnya TKD juga memiliki jenis soal mate-matika, dituntut untuk melakukan hitung-hitungan secara cepat tepat. Istilah tempo dulu mengenai asal lambaat biar selamat sungguh sudah tak berartilagi  dizaman sekarang termasuk dalam seleksi PNS, sebab jika waktu sudah habis, maka sistem CAT yang menggunakan komputer akan langsung menutup program, alhasil peserta dinyatakan selesai secara otomatis.

Dalam tes mate-matika dasar, merupakan soal hitung-hitungan yang secara garis pendidikan dipelajari pada tingkat sekolan menengah pertama. Jadi peserta tidak perlu repot-repot memahami dan mempelajari mate-matika tingkat SMA yang secara materi lebih tinggi dibanding tingkat SMP. Adapun jenis soal matematika yang sering keluar pada PNS diantaranya; Oprasi Hitung, Persen, Pecahan, Statistik, Pemetaan, Perbandingan dan materi-materi mate-matika lainnya tingkat SMP.

2. Tes Psikologi

Pada dasarnya tes ini merupakan sebuah ujian dimana menilai kemampuan peserta dalam berfikir sehat dan benar. Orang normal, yang memiliki kepribadian sebagai mana manusia biasanya tidak akan merasa kesulitan dengan tes psikologi tersebut karena pada intinya kemampuan dasar manusia sudah memiliki basis untuk menjawab sebagian besar soal secara benar.  Tips dalam menjawab soal ini biasanya; pelamar akan ditawarkan pada soal-soal yang menyangkut dengan kehidupan sehari-hari dan dunia perkantoran. Soal berbentuk pilihan berganda, dan semua jawaban memiliki bobot nilai. Agar lebih mempermudah anda dalam latihan, buku panduan soal psikologi tersebut dapat dipelajari dan dibahas pada buku CAT atau aplikasi CAT yang dijual di berbagai toko buku dan toko online.

3. Ilmu Pengetahuan Umun

Satu dari tiga jenis soal yang ada di TKD adalah ilmu pengetahuan umum. Walaupun istilahnya adalah ‘umum’ namun secara spesifik lagi merupakan materi yang memuat pelajaran IPS dan PPKN tingkat SMP bahkan SMA terkadang juga ada. Soal yang biasanya sering keluar adalah tentang sejarah negara Indonesia, Hukum dan UUD 1945, Pembukaan UUD 1945, nilai Pancasila dan makna sila-silanya, organisasi sebelum dan pasca kemerdekaan, nilai-nilai daerah Indonesia seperti tarian daerah, lagu daerah, senjata daerah, suku di suatu daerah dan lain-lain.