Kelebihan Kampus UIN Ar-Raniry Di Banding Kampus Lain di Aceh

0
Source: republika.co.id

Banda Aceh selaku kota terpelajar memiliki berbagai kampus bergengsi baik yang bersetatus negri maupun swasta. Salah satu kampus yang sangat terkenal adalah UIN Ar-Raniry yang secara geografis letaknya tepat didepan kampus Unsyiah selaku universitas nomor satu di Aceh saat ini. Kendatipun UIN Ar-Raniry sering kali menjadi 'the choosen second' namun ada beberapa keunikan khusus yang tak dapat pada kampus lainnya. Kelebihan itu diantaranya;

1. Mahasiswa English Terbaik

Kendatipun UIN Ar-Raniry secara notaband nya merupakan kampus Islam, namun prestasi atau grade terbaik mereka ada pada jurusan englisnya yang dikenal dengan TEN (Tarbiyah English). Mahasiswa TEN dari UIN Ar-Raniry dinilai memiliki kapasitas dan prestasi yang lebih intens dibanding kampus lain di Aceh. Hal ini tak terlepas dari managemen dan model pendidikan TEN dalam membina dan menggembleng mahasiswanya selaku jurusan terfavorit di UIN Ar-Raniry dari tahun ke tahun.

2. Sanggar Seni Selaweut (S3)

Keunikan UIN Ar-Raniry lainnya terletak pada keberadaan UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang menjadi UKK (unit kegiatan khusus) mereka yang populer yakni Sanggar Seni Selaweut yang sudah dikenal se-Aceh bahkan pernah tampil dalam acara nasional dan internasional.

Sanggar Seni merupakan UKK yang berada langsung didalam pengawasan rektor, sebab prestasi dan kiprah mereka yang gemilang menjadikannya layak mendapat perhatian khusus. Tidak seperti unit kegiatan mahasiswa kebanyakan, Sanggar Seni yang satu ini mampu mandiri dengan memperoleh pemasukan anggaran dari upah jasa mereka dalam mengisi kegiatan-kegiatan resmi. Sanggar Seni Selaweut biasanya memainkan tari tradisional Aceh, Rapai, dan kegiatan tradisional lainnya.

3. Lebih Cepat Lulus

Kelebihan lainnya dari UIN Ar-Raniry yang patut diketahui adalah angka kelulusan yang lebih singkat dibanding kampus lainnya. Hal tersebut dikarenakan UIN Ar-Raniry memiliki dosen-dosen yang ramah lingkungan dan pengertian terhadap mahasiswanya. Bila lazimnya seorang dosen itu cuek dengan mahasiswa (efek senioritas), dosen UIN Ar-Raniry lebih komunikatif dan mudah untuk dijumpai dalam konsultasi keperluan kampus. Walaupun hal itu tidak menyeluruh, namun secara mayoritas dosen UIN memiliki karakter yang demikian.