Belajar Bahasa Jepang Gratis di Aceh? Ini Caranya!

0
Source: kantor sekretariat KSA by Oz

Untuk membantu meningkatkan skill bahasa Jepang telah hadir sebuah LSM yang bergerak di bidang pendidikan penguasaan bahasa asing di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dan diklaim sebagai satu-satunya tempat belajar bahasa asing gratis bagi pelajar khususnya masyarakat Aceh.

Kougetsu assosiation school (KSA) adalah sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang pendidikan bahasa asing yaitu bahasa jepang dan bahasa inggris yang dulunya merupakan program dari kerjasama antara LSM lokal Aceh LCO (lost children operation) dengan lembaga kemanusiaan international dari jepang yaitu PAC JAPAN (people assosiation on conscience).

Lembaga ini berdiri ketika musibah bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami melanda Nanggroe Aceh Darussalam tanggal 26 desember 2004 yang dulunya sebagai program dari lembaga LCO dan kemudian diresmikan tanggal 5 agustus 2007 langsung oleh bapak Kougetsu Matsugawa sebagai donatur lembaga LCO Aceh dari Jepang dan dihadiri oleh Ibu Gubernur Aceh Darwati A. Gani dan beberapa utusan dinas pendidikan Aceh. Peresmian dilakukan di SMPN 1 Peukan Bada Kota Banda Aceh sebagai partner kerjasama dari lembaga tersebut.

Kini Kougetsu school menawarkan beberapa program, yang pertama adalah Program Pengembangan Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris yang bertempat di SMPN 1 Peukan Bada Aceh Besar dapat diikuti oleh kalangan pelajar, mahasiswa, masyarakat umum.

Cukup membayar 350 ribu per semester dan mereka akan belajar selama 3 tahun dan kemudian diwisudakan serta mendapat sertifikat.

Kedua, beasiswa JGA (Japan Guardian Angel), yaitu program yang dikhususkan kepada anak yatim piatu akibat korban tsunami di Aceh yang nantinya mereka akan diberikan sokongan dana setiap bulan. Beasiswa ini diberikan sampai mereka lulus dari sekolah menengah atas dan dana tersebut diharapkan dapat berguna bagi mereka dan akan dimonitoring oleh pihak KSA sendiri.

Muhammad ihsan selaku pimpinan KSA mengatakan, “Kantor KSA sendiri pernah dikunjungi oleh lembaga internatonal dari jepang seperti kantor berita NHK Japan dan Japan  Foundation sebagai pusat lembaga pendidikan dan beberapa volunteer dari LSM Non Profit.”

Kantor KSA tersedia buku berbahasa Jepang dan Inggris dari tingkat dasar sampai tingkat atas yang bersumber dari bantuan lembaga jepang serta menyediakan beragam Atribut Jepang lainnya yang bisa digunakan untuk belajar, bahkan setiap tahunnya beberapa Staff dari PAC Japan berkunjung ke Aceh.

Mereka pun menjadi volunteer language (sukarelawan dalam mengajar) dan yang lebih menarik di tahun 2007, 3 anak Aceh korban Tsunami berkesempatan belajar studi banding ke Jepang yang didanai penuh oleh PAC JAPAN.

Bagi siapa saja yang ingin bergabung dapat mengunjungi Kantor sekretariat KSA beralamat di Jl. Ateung Tuha Komplek Pola Permai, Gampong Lamhasan Ajun, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.