Lezat! Ini Makanan Paling Populer di Aceh

0
Source: traveluxion.web.id

5. Bu Si Itiek

Adalah makanan gulaiĀ  khas Aceh yang berbahan dasar bebek atau itik. Tak jarang juga ada yang mengkombinasikannya dengan ayam kampung atau ayam potong. Tidak sulit menemukan lauk yang satu ini, jika anda pergi ke Aceh ia mudah ditemukan hampir disetiap warung makan Aceh.

4. Mie Aceh

Adalah mie kuning dengan bumbu khusus yang sering ditemukan diwarung kopi yang ada di Aceh. Biayanya yang terjangkau menjadikan kuliner ini hampir ada disetiap warung kopi Aceh.

Pelangganpun sering memesan mie teraebut dengan 3 jenis, Mie Aceh Kering, Mie Aceh Basah, dan Mie Aceh Kuah.

3. Sate Matang

Sate ini diambil dari salah satu nama daerah di Aceh, Matang. Jadi matang disini bukan berati 'masak' atau lawan dari mentah. Sate Matang biasanya memiliki cita rasa yang maknyus dan membuat siapa saja ketagihan.

Sate ini walau berasal dari Matang, namun sudah menyebar keseluruh penjuru Aceh. Karakteristik sate ini biasanya disajikan dengan nasi dan kuahnya yang khas. Bila anda mengunjungi Banda Aceh, penikmat Sate Matang banyak ditemukan disekitar warung makan di putaran Peeunayong.

2. Plik U

Adalah sayur khas Aceh yang memiliki keunikan dan kebanggaan kuliner Aceh. Memiliki bahan yang beraneka ragam, mulai dari kelapa dan berbagai macam sayuran yang menggugah selera. Plik U dinilai sebagai salah satu masakan ibu rumah tangga di Aceh yang tidak sembarang orang bisa membuatnya. Begitu khasnya sehingga ditemukan beberapa kalangan yang menganggap, wanita Aceh adalah mereka yang mampu memasak sayur ini dengan tangannya.

1. Kuah Belangong

Ini dia, makanan khas Aceh yang paling populer, kuah Belangong. Alasan mengapa penulis memposisikannya diurutan satu, adalah eksistensi makanan ini yang tak pernah pudar oleh zaman dan keadaan. Masyarakat Aceh bukan hanya menjual Kuah Belangong diberbagai warung makan, lebih dari itu, Lauk yang biasanya berbahan dasar Kambing atau Sapi ini sudah menjadi seperti suatu sajian khusus yang wajib ada dalam acara-acara kemasyarakatan dan keagamaan di Aceh.

Mulai dari pesta pernikahan, Sunatan Rasul, Maulid dan isra Miraj Nabi, Buka Puasa Bersama, Syukuran dan masih banyak lagi rutinitas warga Aceh yang menjadikan Kuah Belangong sebagai menu pamungkas.