5 Lokasi Olah Raga Terpopuler di Banda Aceh

0
Source:

Olah raga saat ini posisinya tidak lagi hanya bertujuan menjaga kesehatan fisik semata. Lebih dari itu tergadang ia merupakan gaya hidup dan hobi, terkhusus di Banda Aceh. Mengapa demikian? Hal itu tak terlepas dari kuatitas masyarakat yang cenderung memilih lokasi olahraga tertentu dibanding berolahraga disekitar rumahnya.

Adapun beberapa lokasi olahraga terpopuler di Banda aceh diantaranya;

5. Kolam Renang Tirta Raya

Kolam Renang Tirta Raya Banda Aceh merupakan lokasi favorit untuk berenang berbagai masyarakat di Kota Banda Aceh. Ia terletak di kawasan simpang lima Banda Aceh, tepatnya di jalan H. Dimurthala. Fasilitas olahraga yang menjadi identitas adalah 3 buah kolam yang salah satunya berstandar Olimpiade. Biasanya pengunjung ramai ketika akhir pekan guna melepas segala penat dan kelelahan hari sibuk lainnya.

 

4. Stadion H. Dimurthala Lampineng

Stadion ini biasa menggelar berbagai event sepakbola, mulai dari pertandingan antar sekolah, hingga penggelaran piala Gubernur Aceh sering dilaksanakan disini, selain itu stadion ini juga merupakan markas/ kandang dari kesebelasan Persiraja Banda Aceh. Stadion ini memiliki daya tampung 20 ribu orang yang mana terletak dikawasan Lampineng, Banda Aceh. Berbagai instansi pemerintah dan swasta sering menyewa stadion ini sebagai fasilitas olah raga bagi karyawannya. Bahkan acara-acara event besar seperti kampanye politik bersekala lokal dan nasional sering dilakukan di sekitar lokasi tersebut.

 

3. Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya

Stadion Harapan Bangsa merupakan stadion termegah di Provinsi Aceh. Ia memiliki daya tampung sekitar 45.000 orang yang berarti dua kali lebih besar dari Stadion H.Dimurthala. Stadion Harapan Bangsa berlokasi di kawasan Lhoong raya Banda Aceh. Di dalam stadion dilengkapi dengan lintasan lari dan berbagai fasilitas atletik lainnya, sehingga tak heran jika stadion ini menjadi pusat training camp atlit-atlit Aceh yang akan berlaga di Pekan Olah Raga Nasional. Bahkan baru-baru ini, PENAS Nasional yang menghadirkan para perwakilan petani dan nelayan di seluruh Indonesia digelar disini.

 

2. Lapangan Tugu Darussalam

Lapangan tugu selalu diramaikan oleh para masyarakat khususnya mahasiswa di sore hari. Banyak para penggemar olah raga bermain sepak bola mini sehingga hampir diseluruh lapangan dipenuhi dengan aktivitas olah raga.  Lapangan ini terletak di kawasan Darussalam yang berdekatan dengan Universitas Syiahkuala dan UIN Ar-Raniry.  Posisinya yang strategis menjadikannya sangat populer bagi sarana berolahraga khususnya kalangan mahasiswa.

 

1. Lapangan Blang Padang

            Menurut analisa penulis, lokasi olah raga terpopuker di Banda Aceh adalah Lapangan Blang Padang yang terletak di pusat Kota Banda Aceh. Lapangan ini merupakan sebuah daerah luas peninggalan dari kerajaan Aceh. Pasca Tsunami 2004 pemerintah membangun jogging track lari mengelilingi lapangan ini. Jogging track selebar 1 meter ini dilengkapi dengan prasasti berbentuk perahu yang merupakan bagian dari monument “Thanks to the world“ yaitu sebagai bentuk ucapan terima kasih masyarakat Aceh kepada negara-negara yang sudah membantu proses pembangunan dan rehab rekon di Aceh. Lapangan ini sangat populer dari berbagai kalangan masyarakat dan berbagai usia. Ia tak hanya diramaikan oleh aktivitas olahraga sore hari semata, bahkan pagi dan siang selalu ada pengunjung yang datang untuk melenturkan otot-otot dan keringat dengan berolah raga.