Walau Pemalu, Tanaman Ini Mampu Mengobati Banyak Penyakit

0
Source: http://equityworld-futures.net/

Dalam bahasa Latin, putri malu disebut mimosa pudica. Tanaman ini juga dikenal sebagai cemara kecil (small evergreen). Selain itu, ia juga memiliki beberapa nama panggilan unik, seperti touch me not atau sensitive plant. Disebut putri malu karena tanaman ini bila disentuh akan mengatupkan daunnya. Hal ini dianggap layaknya sifat pemalu sehingga disebut putri malu.

Putri malu sangat mudah dijumpai. Biasanya tumbuhan ini tumbuh di area persawahan. Tetapi siapa sangka ternyata tanaman ini mampu mengobati berbagai penyakit.

1. Batuk berdahak

Rebus daun putri malu sebanyak 10-15 gram dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian air disaring dan siap untuk diminum.

2. Hepatitis

Tanaman putri malu juga dapat mengobati penyakit hepatitis. Caranya gampang, cukup dengan merebus daun putri malu sebanyak 15 gram dalam air 200 cc hingga mendidih selama 15 menit. Setelah itu saring dan minum airnya. Minumlah secara rutin sampai penyakit hepatitis benar-benar sembuh.

3. Bronkitis

Salah satu penyakit paru-paru, bronkitis, juga dapat disembuhkan dengan tanaman ini. Cukup dengan 60 gram akar putri malu lalu direbus dalam air sebanyak 600 cc. Air yang telah bercampur dengan akar putri malu ini direbus hingga menyisakan air kurang lebih 200 cc. Rebusan ini dapat diminum sebanyak dua kali.

4. Susah tidur atau amnesia

Penyakit ini memang kerap menghampiri tubuh manusia sehingga menganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi mereka pekerja. Nah, untuk mengatasi ini kamu dapat menggunakan tanaman putri malu. Caranya rebus daun putri malu sebanyak 50 gram dalam air secukupnya. Minum air rebusan  secara teratur hingga penyakit susah tidur/amnesia benar-benar pulih.

Namun, kamu harus pintar menakar minuman tersebut. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek yang tidak baik. Salah satunya  dapat menyebabkan keracunan. Satu hal yang perlu diketahui, ramuan putri malu sangat tidak disarankan bagi wanita hamil karena dapat berdampak buruk bagi janin. [fer]