Melirik Kraftologie di Pentas Pameran Nasional

0
Source: ferhatt.com

Jika anda berjalan di belakang Mesjid Oman Banda Aceh menuju pusat kota, atau tepatnya melintasi jln.Gabus No.40 Lampriet, tentu anda akan melintasi sederatan gedung tiga lantai yang elegan di sisi kanan jalan dengan papan nama ‘Kraftologie’.

Kraftologie merupakan salah satu usaha ekonomi kreatif Aceh yang baru-baru ini turut berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia  (TEI) yang digelar di Tanggerang Banten. Bersama 5 UKM lainnya asal Aceh, usaha yang didirikan oleh Riva Syamsuddin tersebut ikut tempur dalam pameran nasional yang berupaya mengharumkan nama Serambi Mekkah melalui dunia kreatifitas.

Berikut cuplikan Kraftologie di TEI Nasional;


Jika anda memiliki tertarik dalam dunia kerajinan atau memiliki bakat merajut namun belum terealisasikan di dunia nyata, maka Kraftologie adalah solusinya. Sebab selain Barbie Dress Up , menjual, atau menyewakan produk, Kraftologie juga aktif dalam membina dan mengajarkan seni kerajinan tangan dalam kelas belajar-mengajarnya.

Hal tersebut tak lekang dari filosofi Kraftologie sendiri yang dilandasi oleh keinginan pendirinya dalam menabur pengetahuan tentang craft di kalangan anak-anak dan remaja Indonesia, khususnya di Aceh.

Saat ini, dalam sektor produksi, Kraftologie mendistribusikan aneka produk rajutan dan patchwork serta aneka kerajinan lainnya. Dalam sektor edukasi, kelas belajar-mengajar Kraftologie fasilitasi langsung oleh Riva sendiri selaku owner yang dibantu oleh lima orang mentor lainnya.

Selain eksis dalam ranah edukasi, Kraftologie juga sering mengadakan workshop di kampus-kampus dan lokasi lainnya. Biasanya, untuk kegiatan seperti ini bersifat gratis dan dapat mengikuti kelas edukasi tanpa biaya apapun. Para voluteer selaku pengajar dan fasilitator kegiatan melakukannya dengan senang hati guna meningkatkan skill dan keterampilan anak-anak guna mendongkrak jiwa entrepreneurship nya agar kelak mampu bersaing dalam orientasi kreatifitas.