Mengapa Ada Pawai di Peringatan Kemerdekaan Indonesia?

0
Source:

Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus dilakukan berbagai gelaran dan perlombaan. Berbagai kompetisi perlombaan sederhana biasanya dilakukan dilapangan dan disaksikan oleh masyarakat sekitar. Beberapa perlombaan yang sering dilakukan adalah Panjat Pinang, Tarik Tambang, Makan Kerupuk, Loncat Goni dan masih banyak lagi.

Selain perlombaan ternyata ada juga agenda pawai yang tak kalah menariknya dalam menyita perhatian masyarakat. Pawai biasanya diikuti oleh berbagai perwakilan dari sekolah, dinas, dan istansi tertentu. Pawai bisa berbentuk barisan pakaian adat berbagai daerah se-Indonesia, paskibraka,bahkan yang sangat unik adalah mobil atau sepeda hias yang dikemas dengan sedemikian bentuk bertemakan kemerdekaan.

Sebagai penikmat semaraknya peringatan kemerdekaan Indonesia, apakah anda tahu alasan mengapa pawai gencar dilakukan walau menghabiskan biaya, waktu, dan tenaga? Ada beberapa faktor mengapa pawai digelar setiap 17 Agustus, atau beberapa hari setelahnya, namun yang paling berpengaruh adalah surat edaran pemerintah yang mewajibkan setiap sekolah atau instansi agar berpartisipasi dalam acara pawai. Selain itu, motivasi sebagai pemenang yang akan dikenal dan diberi hadiah menjadi daya tarik bagi peserta untuk turut serta dalam pawai.

Bagi pihak keluarga, melihat anaknya berpartisipasi dalam pawai adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Walaupun mereka menyewa pakaian adat dengan kantung senidiri hal itu tak mengurangi semangat kemerdekaan dan momen kenang-kenangan untuk didokumentasikan dalam album keluarga. Bagi keluarga yang tidak berpartisipasi dalam pawai, acara tersebut juga sangat efektif dalam  ajang kekeluargaan untuk menonton bersama.