Mengapa Peringatan 17 Agustus Sering di Gelar Lomba?

0
Source: pulenesia - wordpress.com

Sudah tak heran lagi, dimana-mana diseluruh plosok negri Indonesia lomba 17-san dimuat dalam berbagai cara. Lomba yang sudah sangat membudaya sejak berpuluh-puluh tahun diantaranya adalah; lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba loncat goni, lomba tarik tambang, dan masih banyak lagi.

Dibalik semua kegiatan yang tentunya menarik bila diikuti tersebut, tahukah anda mengapa lomba mesti dilakukan dalam peringatan HUT Kemerdekaan Indenesia?
Alasan utama mengapa lomba selalu digelar adalah pengamalan pancasila terutama Sila ke-3 yakni bentuk penanaman nilai-nilai persatuan dan kesatuan bagi para warga Indonesia yang mungkin pada hari lainnya sibuk dengan agenda masing-masing.

Dengan adanya peringatan 17 Agustus dengan berbagai perlombaan di lapangan, para orangtua akan membawa anak-anak mereka dan bersama-sama turut memeriahkan perlombaan. Tanpa disadari, dibalik berbagai perlombaan yang meriah tercipta suasana persatua dan kesatuan yang tentunya menanamkan nilai-nilai kebinikaan bagi warga Indonesia walau berasal dari suku dan agama yang berbeda.