5 Alasan Unsyiah Merupakan Kampus Terbaik di Aceh

0
Source: komputer.unsyiah.ac.id

Di Aceh, Unsyiah atau lengkapnya Universitas Syiah Kuala merupakan kampus yang terbaik dan sering dianggap sebagai jantung hati rakyat Aceh. Seiring berkembangnya zaman dan menjamurnya kampus-kampus lain, eksistensi Unsyiah sebagai favorit masih belum terbantahkan. Adapun yang menyebabkan kampus yang berada di Kopelma Darussalam ini tetap bertahan diantaranya;

1. Fasilitas Kampus

Fasilitas menjadi modal dasar bagaimana suatu lembaga seperti kampus dikatakan terbaik atau bukan. Terlepas dari aspek pendukung lainnya, tahap awal seorang mahasiswa tertarik mendaftarkan diri adalah karena dukungan fasilitas yang dianggap berstandart nasional bahkan internasional. Sejauh ini, Unsyiah dapat dipastikan memiliki fasilitas lebih baik dari kampus lainnya di Aceh. Bukan hanya dari luas area kampus, fasilitas pembelajaran, dekorasi gedung dan kelas, bahkan fasilitas tenaga pengajar Unsiah masih memiliki kualitas terbaik bila dibandingkan kampus lainnya.

2. Input dan Output

Salah satu yang paling berpengaruh dalam agreditasi kampus adalah lulusannya yang mampu memberikan sumbangsi bagi kampus atau menoreh prestasi dilapangan kerja. Sementara suatu kampus dikatakan populer tidaknya dari kuantitas mahasiswanya. Untuk saat ini Unsyiah masih memegang rekor mahasiswa terbanyak di kampus yang ada di Aceh. Lulusan dari Unsyiah juga banyak yang berprestasi dan berkontribusi. Bukan hanya di Aceh dan Indonesia, bahkan ada juga yang mengukir pencapaian karir dalam kancah internasional.

3. Fakultas dan Jurusan Terlengkap

Unsyiah memiliki berbagai pilihan jurusan yang tidak bisa dipenuhi kampus lain di Aceh. Mulai dari Jurusan Kedokteran, Tehnik Sipil, Keguruan, Pertanian, Perternakan, bahkan Politik dan ekonomi mewarnai ragam pilihan calon mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa Unsyiah layak mendapat apresiasi sebagai kampus terbaik karena mampu menawarkan berbagai macam gelar mahasiswa nantinya.

4. Dosen dan Pengajar Berkualitas

Dengan popularitas Unsyiah sebagai kampus ternama di Aceh tentu didukung oleh pengajar yang profesional pula. Adapun para staf pengajarnya telah terbukti secara akademis dan pengalaman mampu bersaing dengan perkembangan tehnologi saat ini. Para dosen juga kerap menoreh prestasi sebagai contoh bagi para mahasiswanya disbanding dosen kampus lain di Aceh.

5. Kedisiplinan

Sebagai penyandang gelar kampus terfavorit di Aceh, tentu kedisiplinan menjadi syarat mutlak yang harus ada. Dibandingkan dengan kampus lainnya, Unsyiah memiliki kedisiplinan dan peraturan yang jauh lebih ketat dan teroganisir. Hal itu dapat dilihat dari eksistensi mahasiswanya dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Dari hasil survei penelitian, mahasiswa Unsyiah lebih tepat waktu dalam menyelesaikan tugas kampus yang dibebankan. Mereka diuntut lebih disiplin dan akan ditindak tegas bila tidak memenuhi aturan. Di Unsyiah mahasiswa tidak mudah mendapatkan dispensasi dan kelonggaran dibandingkan mahasiswa kampus lainnya. Jika mahasiswa memiliki kedesiplinan yang baik, tentu staf dan para dosen juga memiliki ketentuan yang sama pula.