Mengenal Angkutan Umum Banda Aceh yang Mesti Dicoba

0
Source: ahmadzakist.com

1. Trans Kutaradja

Merupakan media transportasi di Banda Aceh saat ini yang paling populer dan diminati masyarakat. Kepopuleran transportasi umum ini mengalahkan eksistensi Labi-labi yang sebelumnya menjadi alternatif paling populer masyarakat bertahun-tahun.

Beberapa alasan mengapa Trans Kutaradja ini dimanati adalah; biayanya yang masih gratis, fasilitas yang masih bagus bahkan setara dengan Trans Jakarta, dan kecepatannya yang lebih efisien dibanding labi-labi yang terlalu lama menanunggu dan mencari pelanggan.

2. Labi-Labi

Sebelum adanya Trans Kutaradja, kendaraan yang satu ini begitu familiar dan diminati. Selain biayanya yang terjangkau, Labi-labi juga tersedia hampir disetiap pelosok jalan umum di Banda Aceh. Selain itu, Labi-labi dapat dikatagorikan kedalam angkutan umum yang unik, hal tersebut dikarenakan keberadaan labi-labi yang tak sembarang bisa ditemukan selain di Aceh. Penumpang biasanya masuk melalui pintu belakang dan menekan tombol khusus jika hendak turun. Kebanyakan Labi-labi di Banda Aceh berwarna hitam atau putih.

3. Becak

Becak adalah kendaraan beroda tiga yang sudah tidak asing lagi bagi komunitas orang Indonesia. Berbicara Banda Aceh, becak memiliki design teraendiri dibandingkan daerah lain. Beberapa diantaranya yang tengah heboh akhir-akhir ini, adalah becak dengan tutup kepala dari alumunium. Kendatipun mesinnya digerakkan oleh sepeda motor, faktanya biaya transportasi becak tertera lebih mahal dibanding Labi-labi dan Trans Kutaradja diatas. Becak termaksuk kendaraan yang sangat diminati di Aceh, bahkan kebanyakan turis lebih memilih naik becak dibanding transportasi umum lainnya.