Mengingat sejarah, Bireuen ibu kota RI yang ke 3 !!

0
Source:

Bireuen, Adalah kota yang dijuluki sebagai kota juang. Bireuen dikenal semasa agresi Belanda (1947-1948) dalam mempertahankan Republik Indonesia dari penjajah.

Kedatangan soekarno pertama itu ke Bireuen memang sangat fenomenal. tahun 1948 Belanda melancarkan agresi keduanya terhadap Yogyakarta. Dalam waktu sekejap ibukota RI kedua itu jatuh dan dikuasai Belanda. 

Bireuen menjadi ibu kota RI yang ke 3 setelah yogyakarta. Soekarno berangakat dari yogyakarta ke bireuen pada 18 juni 1948, selama seminggu bireuen menjadi wilayah soekarno mengendalikan republik indonesia selama seminggu, pada saat itu indonesia dalam keadaan darurat.

Selama sepekan kemudian, Presiden Sukarno menjalankan roda pemerintahan dari Bireuen. Dia menginap dan mengendalikan pemerintahan RI di kediaman Kolonel Hussein Joesoef, Panglima Divisi X Komandemen Sumatera, Langkat dan Tanah Karo, di Kantor Divisi X (Pendopo Bupati Bireuen sekarang).

Pemilihan Bireuen sebagai tempat pemerintahan bukan hanya karena daerah ini termasuk paling aman, karena Bireuen merupakan pusat kemiliteran Aceh. Letaknya sangat strategis dalam mengatur strategi militer untuk memblokade serangan Belanda di Medan Area yang telah menguasai Sumatera Timur.