Mitos yang Sering Dipakai Orang Aceh Tempo Dulu

0
Source: bombastis.com

Mitos adalah sesuatu yang dianggap belum pasti kebenarannya. Namun, bagi yang meyakini, mitos mampu memberikan momok menakutkan tersendiri bagi para pelakunya. Apa saja Mitos yang sempat eksis di Aceh?

 1. Suara Burung Gagak

Berbagai kalangan di Aceh masih ada yang percaya bahwa suara burung gagak dimalam hari pertanda bahwa akan ada bencana atau malapetaka di kampung. Salah satunya adalah anggapan mereka bahwa akan ada salah seorang warga yang meninggal dunia. Oleh sebab itu, jangan heran jika anda ke Aceh pedalaman misalnya, para warga mengusir gagak yang bersuara dengan anggapan dapat menghindari musibah yang akan terjadi.

 2. Lalat Hijau di Malam Hari

Sebagai orang muslim apalagi individu yang memahami sains, lalat hadir dikarenakan bau tak sedap yang memikatnya. Namun, bagi mereka yang percaya dengan mitos lalat ini, akan menganggap bahwa lalat hijau sebagai petanda ada warga kampung yang mati dibunuh. Anggapan tersebut hadir karena lalat dianggap tidak ada bila malam hari tiba.

 3. Duduk di Depan Pintu

Salah satu mitos yang unik adalah anggapan oknum tertentu bahwa duduk didepan pintu atau ditepi tangga akan membuat seorang wanita kehilangan jodohnya. Padahal, mitos ini muncul karena berdiri atau duduk didepan pintu akan menyulitkan siapa saja keluar-masuk. Bagi wanita, berhubung rumah Aceh dulunya rumah panggung, duduk dipintu akan memudahkan lelaki melihat auratnya (selangkangan) dari bawah.

Sepertinya cara orang tua zaman memang berbeda dalam melarang anaknya, namun dibalik itu ada makna yang ingin disampaikan. seperti larangan duduk dibantal sebab akan menyebabkan bisul, larangan banyak makan ikan bisa membuat bodoh, larangan meminum dari tutup botol dan masih banyak lagi.