Pantai Lhook Mee: Pantai Unik Dengan Ciri Khas Pohon Didalam Air Nya

0
Source: disbudpar.acehprov.go.id

Aceh sebenarnya memiliki banyak pilihan pantai yang menawan. Dari sekian pilihan pantai yang ada di Aceh, ada satu pantai yang unik dan menawarkan panorama yang tidak biasanya. Pantai Lhok Mee namanya, pantai ini patut anda datangi.

Pantai Lhok Mee yang terkenal dengan pantai pasir putih dan pohon dalam air ini terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Pantai Lhok Mee hanya berjarak 2 km dari pelabuhan Malahayati, atau 40 km dari Kota Banda Aceh.

Dari Kota Banda Aceh, Anda bisa menuju Pantai Lhok Mee dimulai dari bundaran Simpang Mesra. Beloklah ke kiri menuju jembatan Krueng Cut dan mulai memasuki Jalan Laksamana Keumala Hayati yang mengarah ke Pelabuhan Malahayati.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan alam yang memukau, menatap birunya lautan lepas, dan hijaunya perbukitan. Maklum di sepanjang jalan menuju Pelabuhan Malahayati ini, banyak sekali tempat destinasi wisata yang akan Anda lewati.

Di antaranya Pantai Ujong Batee, Pantai Ladong, Benteng Indraparta, Pemandian Air Panas Ie Suum, Benteng Inong Balee dan Makam Pahlawan Malahayati. Selain itu, sebelum sampai di Lhok Mee, sedikit melewati Pelabuhan Malahayati Anda bisa menikmati keindahan Bukit Suharto.

Ngomong- ngomong soal Bukit Suharto, mengapa dinamakan bukit Suharto? menurut dari beberapa sumber, bukit ini bernama bukit Suharto karena semasa memimpin, penguasa Orde Baru ini ikut menggagas penghijauan bukit tersebut, makanya dinamakan demikian. Di atas Bukit Suharto Anda bisa melihat birunya lautan lepas, melihat Pelabuhan Malahayati dari atas, melihat kapal-kapal besar, boat-boat nelayan, dan bila lagi musimnya Anda bisa memetik buah jamblang yang tumbuh subur di kiri kanan jalan.

Pantai Pasir Putih Lhok Mee ini tersembunyi di perbukitan Bukit Suharto. Menuruni Bukit Suharto, di sebelah kiri jalan Anda akan melihat gerbang masuk ke Pantai Lhok Mee. Terlihat beberapa pemuda yang menjaga dan menyuruh Anda untuk mengambil tiket masuk. Cukup membayar Rp 5000, Anda sudah bisa masuk dan menikmati sepuasnya keindahan Pantai Lhok Mee.

“Nah ada yang menarik ni” yang kita tahu biasanya kalau pantai itu tampak indah dengan deretan pohon cemaranya yang tumbuh sebelum menginjak tepi pantai, nah kalau di pantai pasir putih Lhok Mee ini sedikit berbeda, karena kita bisa menyaksikan keindahan pohon yang tumbuh berjejer di dalam permukaan laut.


credit Image: wisatadanbudayaaceh.blogspot.co.id

Pohon apakah itu? Warga di sekitar menyebut pohon ini “Geurumbang”. Pohon geurumbang ini tumbuh pada ketinggian air sekitar 1-2 meter, dan ini hanya terlihat bila air laut sedang pasang. Bila air laut sedang turun, airnya hanya tinggal sebatas tumit.

Pantai ini pun menjadi lokasi wisata yang fotogenik. Karena memiliki panorama yang indah dengan pohon yang tumbuh di dalam air nya, lokasi ini kerap dijadikan background untuk pemotretan prewedding, syuting video klip lagu aceh, dan sebagainya.

Di pantai ini juga tersedia fasilitas pendukung seperti layaknya tempat objek wisata lainnya, jadi jangan khawatir bila anda tidak membawa bekal apapun atau lapar saat berada di Pantai Pasir Putih Lhok Mee ini, karena terdapat deretan warung ikan bakar yang dibangun menghadap laut dengan menu beragam. Bagi yang gak bisa jauh dari kopi di sini juga dapat menikmati juga kok. Selain itu tersedia juga kelapa muda, mie rebus dan makanan lainnya yang tinggal pesan di warung-warung kecil tersebut.

Bangunan pondok yang ada di warung penjajal makanan ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat, menyantap makanan, dan merebahkan tubuh. Tiupan angin pantai yang sejuk menambah kenikmatan saat berteduh sambil melihat ke arah pantai yang mempesona.