Pantan Terong: Indah Menyaksikan Dataran Tinggi Gayo Aceh Tengah Dari Ketinggian

0
Source: wikimedia.org

Ingin menyaksikan kota Takengon dan sekitarnya dari ketinggian? maka ada tempat yang cocok untuk hal demikian. Dimana tempat itu? tempat yang dimasud juga merupakan salah satu objek wisata yang banyak diminati oleh wisatawan. Objek wisata tersebut adalah Pantan Terong.

Pantan Terong merupakan bukit yang ketinggiannya mencapai 1.830 meter di atas permukaan laut. Jadi tak heran tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan yang begitu indah dengan udara yang sangatlah sejuk. Selain itu Pantan Terong juga merupakan salah satu obyek wisata unggulan yang dikelola secara baik oleh pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah. Objek wisata yang berada di Kabupaten Aceh Tengah ini menjadi kunjungan para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam Dataran Tinggi Gayo.

Untuk anda para wisatawan yang ingin mencoba olahraga yang memacu adrenalin dan yang memang suka dengan olahraga tersebut, di tempat ini juga ada fasilitas yang sesuai dengan tempat tinggi seperti ini, seperti paralayang contohnya. Namun tentu saja, aktivitas paralayang tersebut ditemani oleh seorang instruktur sudah ahli dalam hal tersebut. 

Bukan hanya kota takengon yang bisa kita saksikan dari tempat ini. Para wisatawan juga bisa melihat lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing, kemudian Bandar Udara Rembele di Simapang Tiga Redelong serta bukit-bukit hijau yang merupakan bagian dari Gunung Bukit Barisan.


Credit Image: upload.wikimedia.org

Momen yang banyak dipilih oleh para wisatawan  saat berkunjung ke tempat ini adalah pada saat sore hari. Saat itu, para wisatawan bisa mengambil foto dengan pemandangan Pantan Terong yang sangat indah. Saat matahari terbenam, suasana di sini sangatlah indah dan berbeda. Tidak heran kalau banyak muda mudi kota Takengon dan sekitarnya yang berburu foto matahari terbenam di tempat ini.

Pantan Terong ini berlokasi di Kecamatan Bebesan dan masuk wilayah Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Untuk bisa ke tempat ini, terlebih dahulu menuju ke Takengon yang merupakan ibukota Kabupaten Aceh Tengah. Dari kota Takengon, jarak menuju ke tempat ini cukup dekat, kurang lebih 7,5 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

Hanya saja, tidak ada kendaraan umum yang melalui jalur menuju ke Pantan Terong ini. Jadi, untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke bukit indah ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu kendaraan roda empat ataupun roda dua. Akan ada cukup banyak layanan penyewaan sepeda motor ataupun mobil yang bisa dijumpai saat berada di Takengon. Hanya saja, untuk mereka yang menggunakan kendaraan roda empat, harus berhati-hati karena jalur menuju ke Bukit Panta Terong ini cukup terjal.

Sumber: lihat.co.id